intens.news
Mitra Informasi

Meski Tak Signifikan, Dampak Kebakaran Gedung Telkom Pekanbaru Terasa di Pagar Alam

0 96

Intens.news, PAGARALAM – Peristiwa yang menimpa Gedung Telkom di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekan Baru Riau, Selasa (11/8/2020) sore sekitar pukul 14.30 Wib, berakibat pada jaringan yang padam total, baik itu Jaringan internet maupun telepon provider Telkomsel tak bisa terhubung.

Meskipun tidak signifikan, putusnya jaringan tersebut juga dirasakan masyarakat Pagar Alam yang kaget dengan putus atau hilangnya signal internet bahkan hampir tidak bisa sama sekali melakukan komunikasi melalui telepon seluler (ponsel).

Dian (36) salah seorang warga menuturkan hilangnya signal tersebut dirasakan sejak pukul 18.00 sampai pukul 22.00 Wib. “Setelah jam 10 malam barulah jaringan kembali normal,hal itu dibuktikan banyaknya pesan masuk melalui whatshapp secara bersamaan,” ucapnya.

Senada dengan Wulan (35) yang mengatakan hampir berjam-jam kesulitan mengakses jaringan internet baik melalui data seluler maupun speede. “Dan kabarnya dampak dari terbakarnya gedung telkom yang ada di pekan baru,” ujarnya.

Sementara Kepala Cabang Kantor Telkom Kota Pagar Alam M Zaini yang dimintai keterangan intens.news tak menampik jika adanya gangguan signal atau jaringan di Kota Pagar Alam.

“Soal ini dampak dari terbakarnya gedung telkom di Pekan Baru yang terjadi kemarin, itu bisa jadi!,” jelasnya, Rabu (12/8/20).

Zaini juga tak menampik, dengan peristiwa tersebut berdampak terhadap jaringan se Sumatera, namun tidak terlalu signifikan buat Kota Pagar Alam.

“Karena sejak tahun 2000 an jaringan telkom kota Pagar Alam mayoritas sudah menggunakan Fiber Optik (FO) tidak lagi mikro,” ucapnya.

Hanya saja, kata Zaini, tidak seluruh wilayah Kota Pagar Alam yang sudah terjangkau oleh jaringan fiber optik ini, seperti halnya Wilayah Kecamatan Dempo Selatan dan Kecamatan Dempo Utara.

“Namun di tahun ini untuk dua Kecamatan tetsebut sudah kita usulkan untuk penggunaan fiber optik,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More