intens.news
Mitra Informasi

Minimnya Kolam Retensi Penyebab Banjir Palembang

0 42

Intens.news, PALEMBANG – Saat musim hujan, masalah banjir kerap melanda sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya kota Palembang, tidaklah bisa dihindari.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumsel, Antoni Yuzar, menilai, masalah klasik penyebab banjir selama ini karena di Palembang banyak daerah rendah, dan kurang disiplinnya warga untuk menjaga kebersihan saluran airnya selama ini, termasuk ketegasan pemerintah kota dalam hal penimbunan rawa- rawa yang ada.

“Yang jelas, salah satu penyebab banjir karena mandulnya Perda tentang Rawa, mengingat penimbunan untuk lahan serapan selama ini tetap berlangsung, dan masih minimnya kolam retensi,” kata Antoni, Selasa (19/1/2021).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun menerangkan, jika dalam aturan Perda Rawa kota Palembang nomor 11 tahun 2021, telah mengamanatkan 30 persen lahan yang ada untuk dibangun kolam retensi.

Namun nyatanya, banyak rawa- rawa yang ada dibangun bangunan, dan tidak ada kolam retensinya. Dimana dari 3 jenis rawa yaitu rawa reklamasi, rawa budidaya dan rawa konservasi, hanya rawa reklamasi yang boleh ditimbun dalam aturan.

“Tapi selama ini tidak jelas juga dari tiga rawa itu nyatanya ditimbun semua, jadi ini perlu ketegasan Pemkot Palembang, agar anak cucu kita tidak jadi korban dari kebijakan pemegang kekuasaan yang ada saat ini,” tandas mantan anggota DPRD Palembang ini.

Ditambahkan anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan (Dapil) kota Palembang ini, selain ketegasan dari Pemkot Palembang, perlu juga kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam hidup. Sebab, kebijakan yang baik oleh kepala daerah tidak akan berjalan tanpa dukungan masyarakatnya.

“Jadi semangat masyarakat untuk hidup disiplin perlu, karena kalau semua dibebankan ke Pemkot susah juga. Sebab banjir itu karena tidak ada tempat penampungan air skala besar, atau akibat saluran air tidak lancar,” jelasnya.

Dirinya berharap, agar Pemkot Palembang menegakkan Perda rawa dan memperbanyak kolam retensi.

“Jadi, kita berharap Pemkot Palembang menegakkan Perda Rawa ini, untuk meminimalisir banjir yang ada, termasuk memperbanyak kolam retensi,” terangnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More