intens.news
Mitra Informasi

Miris, Sampah Gunung Dempo Terkumpul 12 Ton

0 40

Intens.news,PAGARALAM – Aksi bersih-bersih kawasan Gunung Dempo yang dilakukan oleh ratusan Organisasi Pecinta Alam (OPA) Sumsel yang tergabung dalam Aliansi Peduli Dempo, berhasil mengumpulkan 12 ton sampah dan dibawa turun.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional Indonesia (HPSNI) tahun 2020. Sampah tersebut kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Simpang Padang Karet, Kota Pagar Alam.

Menurut Ketua Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) Kota Pagar Alam, Arindi, kegiatan yang dilaksanakan selama sejak 19 hingga 21 Februari sudah selesai.

“Dan hasilnya sebanyak 12 ton atau 2 truk sampah sudah berhasil dikumpulkan dan diangkut ke tempat pembuangan akhir,” katanya Kepada intens.news, Senin (22/2/2021).

Sampah tersebut, kata Arindi adalah sampah yang dikumpulkan dari beberapa titik operasi seperti di kawasan kampung IV, areal camping, bahkan dari Pintu Rimba sampai puncak Dempo.

“Mayoritas ini adalah sampah lama dari para pengunjung dan pendaki Gunung Dempo,” jelasnya.

Arindi berharap, kedepanya tidak ada lagi sampah-sampah yang harus dibersihkan seiring dengan peraturan yang dibuat agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

“Jadi sebelum pendakian atau berkunjung ke areal kampung IV, para pengunjung sudah sadar kalau hal yang berpotensi sampah seperti¬†plastik dan semacamnya tidak boleh dibuang sembarangan,” tegasnya.

Sementara, Ketua Aliansi Dempo, Rio Ardiansyah mengatakan bahwa aksi peduli dempo ini merupakan bagian dari penataan jalur pendakian.

“Alhamdlillah apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini sudah terselesaikan. Semoga akan tetap terjaga dan semua pihak tetap menjaga kelestarian Gunung Dempo,” tutupnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More