intens.news
Mitra Informasi

Momen HUT RI, Tidak Lebih Dari 800 Orang Pendaki Muncak di Gunung Api Dempo

0 0

Intens.news, PAGARALAM – Balai Registarasi Merapi Dempo (Brigade) Kota Pagar Alam mencatat kurang lebih 800 orang pendaki yang melakukan pendakian ke puncak Gunung Api Dempo (GAD) pada momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-76 sejak tanggal 16-17 Agustus 2021.

Akan tetapi, dikatakan Ketua Brigade Arindi, bahwa banyak juga pendaki yang terpaksa balik kanan alias mengurungkan pendakian akibat cuaca gunung api dempo yang kurang bersahabat lantaran badai.

“Tidak lebih dari 800 orang pendaki secara keseluruhan yang sampai ke puncak karena terkendala badai,” jelas Arindi.

Arindi mengatakan, dalam satu hari pun tidak tercatat lebih dari 400 pendaki yang melapor ke posko pendakian sampai jam pembatasan atau penutupan jam pendakian yakni pukul 14.00 WIB atau jam 2 siang.

“Setiap jam 2 siang, baik itu pada momen-momen tertentu maupun waktu normal pendakian memang kita tutup untuk mengantisipasi pendaki kemalamam di jalur pendakian,” ujarnya.

Arindi tak menampik, banyak pula pendaki yang terpaksa balik kanan atau batal melakukan pendakian lantaran tidak mematuhi peraturan atau syarat yang harus ditunjukan kepada petugas posko seperti surat keterangan sehat dari dokter dan keterangan sudah vaksin COVID-19.

“Dan ironisnya lagi mereka yang tidak mematuh peraturan yang sudah kita tetapkan ini, justru pendaki asal Pagar Alam, sehingga ada yang terpaksa harus membuat dulu surat keterangan sehat ke klinik,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More