intens.news
Mitra Informasi

Muba Sport Tourism, Tujuan Wisata Olahraga Dunia Tempat Memacu Adrenalin

0 100

Intensnews,MUBA-Kabupaten Musi Banyuasin tidak hanya kaya dengan sumber daya alam batubara dan minyak bumi saja. Namun alamnya juga masih asri dan menjadi tempat wisatawan berkunjung, seperti danau Ulak lia, atau menikmati wisata bongen bak tepian pantai meski di pinggir sungai. Kini pemerintah Muba sedang giat-giatnya membangun program Muba sport turism atau wisata olahraga Muba. Berbagai even bertarap nasional dan Internasional di gelar di bumi serasan sekate tersebut. 

Sebut saja even International Muba Asia Auto Gymkhana Cup yang berlangsung pada 30 November sampai 1 Desember 2019 lalu. Acara tersebut berlangsung di sirkuit International Skyland Muba, menyedot perhatian dunia. Ratusan orang asing memadati Muba berlomba dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam balap slalom tersebut.  Indonesia sebagai tuan rumah, menjamu sebanyak 10  negara peserta yakni Taiwan, India, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Philipina, Malaysia, Vietnam, Nepal, dan Brunei Darussalam.

Tidak bisa di pungkiri, Kabupaten Muba menjadi pionir mempromosikan Gymkhana di Indonesia hingga ke kancah Asia Pasifik dan Eropa. Selain di Jepang, hanya Kabupaten Musi Banyuasin yang menggelar acara Gymkhana di lintasan panjang dan permanen sejauh lebih kurang 2.200 meter. Dan lebih mengagumkan lagi, acaranya Gymkhana dapat di tonton tanpa bayaran alias gratis bagi masuk penonton dan menyediakan angkutan bus gratis bagi penontonnya.

Foto(Ist): Muba Asia Auto Gymkhana yang digelar di Kabupaten Musi Banyuasin

Ditahun yang sama, Muba kembali menggelar Muba International Supermoto. Sirkuit Skyland Sekayu kembali diramaikan para turis mancanegara. Supermoto merupakan perlombaan gabungan dari motocross dan road racing. Para pembalap berlomba melintasi jalan berlumpur dan beraspal. Sepeda motor yang digunakan dalam perlombaan Ini berbentuk tinggi seperti seperti bentuk unit yang digunakan dalam motorcross, namun dilengkapi ban halus seperti road racing.

Even Muba International Supermoto 2019, diikuti sebanyak 18 pembalap dari tiga benua yaitu Asia, Australia, dan Eropa. Menjadikan kegiatan ini sebagai suatu acara bergengsi dan Muba kembali mendapat sorotan dunia Intenasional.

Muba Bakal Gelar Kejurnas Rally 2021

Keseriusan Kabupaten Muba untuk membangun Sport Tourism di tunjukkan dengan rencana kejuaraan nasional Rally 2021. Muba dengan bangga dan percaya diri akan menjadi tuan rumah perhelatan para pembalap rally nasional.

kandidat Waketum Mobilitas IMI Pusat, Rifat Sungkar mengatakan, event rally tersebut rencananya akan dilaksanakan pada akhir Juli hingga Agustus 2021. Rally bertaraf nasional tersebut, akan melibatkan banyak personel. Karena itu, dia berharap, agar pemerintah Muba dapat mendukung even yang mengusung Rally Sport tourism tersebut.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengungkapkan,  Sport tourism merupakan agenda utama yang menjadi perhelatan rutin tahunan Pemkab Muba. Dia mengungkapkan, Kabupaten Muba memang sedikit sekali memiliki destinasi wisata alam yang dapat di kembangkan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, melalui program Muba Sport and tourism tersebut Muba akan menjadi lebih maju dan membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Kita tidak punya pantai ataupun wisata alam lainnya. Maka itu, melalui Kejuaraan Nasional Rally ini, kita akan kemas pariwisata dan olahraga. Diharapkan dapat berimbas kepada perekonomian masyarakat terutama pelaku UMKM lokal,” ungkap Dodi Reza Alex Noerdin.

Foto(Ist): Sirkuit Skyland Muba

Senada dikatakan Kepala Dispopar Muba, M. Fariz. Dia  menyebutkan, meski rally tergolong olahraga baru dikenal di Muba, namun pihaknya akan bekerja maksimal dan mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam berbagai pelaksanaan even olahraga.

“Event Kejurnas Rally ini diselenggarakan nantinya dari Medan Sumatera Utara (dua seri), Muaro Bungo Jambi (1 seri) dan ke Muba Sumsel (1 seri),” terang Fariz.

Dia menjelaskan, nantinya akan ada sekitar 50 komposisi mobil rally dan hampir 100-an orang lebih terdiri-dari pereli, navigator, petugas lomba serta official lainnya. Para pendukung tersebut, akan berada di Kabupaten Muba selama pelaksaan berlangsung.

Kini, Kabupaten Muba terus berbenah diri untuk mempersiapkan even Rally 2021. Tidak hanya mempersiapkan pembangunan akomodasi bagi para peserta dan tim pendukungnya, tapi juga akan mempersiapkan venue perlombaan. Hingga even-even olahraga lokal, nasional, dan internasional dapat terealisasi dengan baik dan membanggakan Indonesia.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More