intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Nanomagnetik, Solusi Atasi Pencemaran Lingkungan

0 19

Intens.news, PALEMBANG – Guru Besar Universitas Sriwijaya Bidang Ilmu Kimia, Poedji Loekitowati Hariani, punya solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan di Sumatera Selatan (Sumsel). Caranya ialah dengan menggunakan teknologi nanomagnetik.

“Seluruh limbah bisa mengunakan teknologi ini, baik limbah organik maupun an organik,” katanya, Jum’at (29/11/2019).

Poedji menjelaskan, nanomagnetik merupakan teknologi material yang ukurannya kurang dari 100 nano meter, yang digunakan untuk mengolah limbah cair seperti organik dan an organik.

“Jadi kalau material ukuran kecil itu sifatnya berbeda dengan ketika dia dalam keadaan biasa. Tidak perlu penyaringan, karena materialnya bersifat nanomagnetik yang dalam sekejap bisa dipisahkan. Setelah dia menyerap limbah dari larutan menggunakan nanopermanen dari luar,” jelasnya.

Selanjutnya, dia akan terus melakukan riset lingkungan dan mengembangkan lagi beberapa teknologi. Pasalnya nanomagnetik masih banyak yang belum tergali.

“Jadi itulah yang akan saya kembangkan untuk mengolah limbah, terutama limbah yang ada di Sumsel. Teknologi yang disebut nano ini, selain materinya kecil, juga bisa dipisahkan dari larutan yang sudah diolah dalam waktu cepat sekali,” ungkapnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More