intens.news
Mitra Informasi

New Normal, Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Stabil

0 61

Intens.news, PAGARALAM – Dinas Perindustiran Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM dan PP) Pagaralam, mencatat bahwa terjadi penurunan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok.

Penurunan harga bahan pokok tidak hanya terjadi di pasar modern, namun juga di pasar tradisional. Harga kebutuhan berangsur stabil sejak diberlakukanya new normal atau tatanan pola hidup baru di Pagaralam.

Menurut Kasi Bina Usaha Perdagangan Disperindagkop UKM dan PP Pagaralam, Endang Diyah, harga Gula Pasir yang di masa pandemi virus corona (Covid-19) lalu mengalami kenaikan hingga mencapai Rp16-17 ribu per kilogram, kini sudah berangsur normal menjadi Rp12 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga kebutuhan lain seperti Beras dan Minyak Goreng, tetap stabil, tergantung jenis dan kemasan. Kisaran harganya ialah Rp10-11 ribu per kilogram untuk Beras dan Rp12-13 ribu per kilogram untuk Minyak Goreng. Sementara harga Telur mengalami kenaikan, semula Rp35-38 ribu per boks kini mencapai Rp48-50 ribu.

“Khusus untuk telur, mengalami kenaikan karena sesuai dengan permintaan yang juga cukup tinggi serta kebutuhan pakan,” jelas Endang, Senin (29/6/2020).

Endang mengatakan, bersasarkan hasil pantauan yang dilakukan setiap pekan, untuk jenis komoditi seperti Cabe dan Bawang Merah justru mengalamai kenaikan. Harga Cabe Merah yang sebelumnya di harga Rp10 ribu per kilogram, naik menjadi Rp17 ribu. Sedangkan Bawang Merah naik Rp13 ribu, dari sebelumnya Rp45 ribu kini menjadi Rp58 ribu per kilogram.

“Khusus untuk Bawang Putih justru sebaliknya, mengalami penurunan dibanding Bawang Merah. Namun naik turunnya harga sejumlah bahan pokok dan komoditi ini masih tergolong normal,” ujarnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More