intens.news
Mitra Informasi

Normalisasi Sungai Keruh di Kecamatan Paiker Empat Lawang Berlanjut Tahap Dua

0 172

Intens.news, EMPAT LAWANG – Proyek normalisasi Sungai Keruh di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, kembali dilanjutkan. Diketahui, jika sebelumnya pada tahun ini normalisasi itu sudah dilakukan, kali ini melalui Bangub Sumsel kembali dilakukan normalisasi lanjutan.

Camat Paiker, Noperman Subhi mengatakan, Sungai Ayik Kegho merupakan sungai utama di Kecamatan Paiker, yang karakternya sangat unik karena volumenya tidak bisa diduga dan susah ditaklukan.

“Sebelum adanya normalisasi, disaat volume naik, airnya bisa membanjiri sebagian wilayah yang ada di Paiker, khususnya desa Padang Bindu, Muara Rungge dan Padang Gelai,” kata Camat.

Disampaikannya, untuk memaksimalkan fungsi sungai Ayik Kegho, melalui bantuan gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2020, kembali dilakukan normalisasi kesebelah ulu normalisasi sebelumnya sepanjang 2,5 KM mulai dari Desa Nanjungan sampai ke Jembatan Lawang Agung dan dilanjutkan ke jalan yang putus diterjang derasnya sungai Ayik kegho yang memutuskan akses jalan  dari dusun Pulau Tengah menuju desa Talang Padang.

Dia menegaskan pihak Dinas PUPR Empat Lawang telah melakukan pemeriksaan dan titik nol proyek normalisasi tahap dua itu.

“PPTK bersama tim dari PUPR Empat Lawang yang disaksikan Camat Paiker dan staf memeriksa dan melakukan titik nol proyek normalisasi Sungai Ayik Kegho tahap ke dua yang dimulai dari belakang kantor camat,” terangnya.

Ia berharap dan menyambut baik adanya normalisasi sungai Ayik Kegho dan berharap proyek ini bisa mengatasi banjir yang selama ini masih terjadi apabila air sungai lagi meluap tanpa diduga-duga.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More