intens.news
Mitra Informasi

Olah Serai Jadi Produk Sabun dan Minyak, Ini Manfaatnya..

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Serai merupakan tumbuhan sejenis rumput-rumputan yang memiliki ragam manfaat baik bagi kesehatan, bahkan bisa diolah menjadi sabun wajah dan badan.

Fasilitator Desa Badan Restorasi Gambut Sumatra Selatan (BRG Sumsel), Oti Yulisrian, mengatakan, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Muaratara juga memproduksi minyak serai yang bermanfaat sebagai anti nyamuk alami, sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan hasil lahan gambut.

“Ada sabun dan minyak wangi, sabun di jual dengan harga satuan Rp 4.000 per batang. Manfaat sabun serai antara lain mengatasi jerawat, mengobati luka akibat gigitan serangga, dan mengecilkan pori-pori kulit, baik untuk keramas rambut serta aromanya dapat meredakan stres,” jelasnya, Sabtu (12/9/2020).

Dalam proses pengolahan sabun serai yang diambil adalah ekstraknya, serai yang sudah ditanam baru bisa dipanen setelah sembilan bulan. Bahan mentah kemudian diserahkan ke Gapoktan untuk dipotong daunnya, dan diproses menjadi ekstrak dengan alat berbentuk corong.

“Serai yang sudah bisa dipanen diambil dan di serakan ke Gapoktan dan dipotong daunnya, ekstrak berupa cairan lalu ditampung dan baru diolah menjadi minyak dan sabun,” katanya.

Serai produk BRG Sumsel, disebut mampu mengatasi bau badan serta menjadi anti oksidan untuk menangkal zat radikal bebas. Serai merupakan obat gatal-gatal pada kulit akibat jamur, panu dan kurap. Sabun daun serai juga dapat menghilangkan flek hitam pada kulit.

“Melihat banyak manfaat yang dihasilkan, BRG Sumsel mulai melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk mengembangkan produk dari serai, agar menjadi lebih menarik, dan menjadi perhatian publik secara luas,” ungkapnya

Tidak hanya itu kami juga memasarkan produk secara mudah, walaupun daerahnya jauh di jangkau produk yang di jual bisa di pesan melalui online, dan bagi masyarakat yang daerah dekat bisa di beli secara offline

“Pemasaran kita lakukan secara online dan offline, terjauh produk sudah sampai ke Padang, Sumbar. Bagi yang ingin memesan bisa cek di Instagram @product_rawang,” katanya seraya promosi.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More