intens.news
Mitra Informasi

OPINI : Kelas Digital, Guru Pun Harus Digital

0 167

Melihat sistem pendidikan Indonesia masih ketinggalan zaman dan tak beradaptasi dengan perubahan ke era digita, hal inilah yang membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim berencana akan menekankan pendidikan berbasis teknologi informasi untuk diterapkan dalam pendidikan di Indonesia. Pasalnya pendidikan berbasis teknologi,kompetensi dan karakter diera sekarang ini menjadi hal yang penting.

Adanya wacana Mendikbud inilah, disambut baik oleh Sekolah Menengah Atas yang ada di Sumsel. Pasalnya, Pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia sudah sepatutnya dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman. Saat ini dunia memasuki era digital, semua aktifitas kehidupan bisa dilakukan dengan sistem digital yang bersumber pada pemanfaatan teknologi dunia maya atau internet.

Peran internet (menggunakan aplikasi Edmodo) Yang sudah berjalan di SMA yg ada di Sumatera selatam sangat vital bagi pelaksanaan  pendidikan saat ini, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan semua dilakukan dengan sistem digital.

Untuk mendukung semua itu perlu setiap sekolah memiliki kelas Digital  yang manpaatnya sangat banyak sekali bagi perkembangan zaman yang serba IT. Penggunaan tehnologi IT di dalam mengajar sangat membantu para peserta didik untuk memahami pelajaran, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran, mengevaluasi hasil belajar peserta didik sampai dengan memantau kehadiran peserta didik di kelas Digital.

Manfaat dari penggunaan IT di dalam pembelajaran akan terasa jika guru dapat menerapkannya di dalam kelas. Untuk memfasilitasi dan mengembangkan kemampuan IT guru Melek IT.

Guru harus memahami IT, jangan sampai kalah dengan siswa. dengan demikian, seluruh guru di Indonesia yang memungkinkan di tempatnya menerapkan dan menciptakan kelas digital tidak akan ketinggalan dalam penerapan teknologi. Semua hal ini dilakukan untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Semoga wacana mendikbud yang lebih menekankan pendidikan pendidikan berbasis tehnologi ini dapat terealisasi agar supaya pendidikan di Indonesia tidak ketinggalan dengan Negara lain. (Ditulis oleh : Kepala SMA Negeri 3 Palembang, Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi MM)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More