intens.news
Mitra Informasi

Pagar Alam Miliki Potensi Besar Bagi Pelaku UMKM

0 27

Intens.news, PAGARALAM – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia. Dan hal ini dibuktikan dengam UMKM mampu menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam massa krisis dan menjadi Dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis.

Demikian dikatakan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, saat kegiatam sosialisasi pengembangan UMKM di Kelurahan Tebat Giri Indah dan Kelurahan Ulu Rurah, Selasa (15/12/20).

“UMKM juga merupakan kelompok usaha yang memiliki peranan strategis, dengan jumlah unit usaha yang banyak dan terdapat hampir disetiap sektor ekonomi dan tentunya menyerap banyak tenaga kerja,” papar Wako .

Namun, kata Wako, ditengah kontribusi UMKM yang besar, UMKM masih menghadapai tantangan kompleks yang tidak efesien, managemen usaha yang lemah, kualitas SDM yang masih kurang dan terbatasanya akses ke lembaga keuangan, khususnya perbankan.

“Sehingga perlunya penguatan diberbagai lini dalam peningkatan UMKM salah satunya seperti sosialisasi hari ini,” ucap Wako.

Wako mengutarakan, Pemerintah Kota Pagar Alam secara bertahap telah berupaya dalam peningkatan peran UMKM seperti pelatihan dan sosialisaak dan pengembangan ekonomi kreatif,khususnya penggiat kopi.

“Karena secara peluang Pagar Alam memiliki Potensi yang memberikan peluang besar bagi UMKM,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More