intens.news
Mitra Informasi

Pancasila Disosialisasikan lewat Aplikasi TikTok ?

0 37

Di era modern saat ini tidak sedikit aktifitas yang dilakukan berbasis digital. Baik itu dari sudut pembelajaran, perbelanjaan serta aktifitas dalam kerja sehari-hari. Bahkan, di era ini pun, pemerintah tak tinggal diam, sehingga tidak sedikit instansi pemerintahan memberikan pelayanan berbasis online.

Ditambah lagi belum lama ini, Kepala badan pembinaan idiologi pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengaku, mendapat mandat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa ingin menyosialisasikan pancasila kepada kawula muda lewat aplikasi TikTok.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Selasa (18/2/2020). Yudian mengatakan bahwa, saat ini mereka sedang merancang bagaimana menanamkan nilai-nilai pancasila kepada kaum milenial lewat aplikasi sosial media.

Benar saja, tak hanya lewat TikTok, sosialisasi dilakukan melalui berbagai macam cara seperti lewat youtube, Blog, film dan musik. Namun, saat ini yang menjadi sorotan yaitu lewat aplikas tiktok.

Tentu saja, wacana ini sangat bagus disosialisikan kepada kaum millenial untuk memahami berapa besar nilai-nilai pancasila yang telah digondok oleh para intelek terdahulu. Namun, bukankah di seluruh sekolah yang ada di indonesia sudah ada kurikulum yang membahas tentang sejarah indonesia dan kemerdekaannya.

Dilansir wikipedia, Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari saksekerta pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang- Undang 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Artinya, Pancasila bisa dikatakan sebuah landasan sebuah negara, apakah tidak salah jika nilai-nilai pancasila dikenalkan lewat aplikasi TikTok. Yang dikhawatirkan nantinya justru akan menurunkan martabat pancasila jika disosialisasikan lewat aplikasi yang terkesan hanya untuk menghibur itu. jadi, mengenal pancasila katakanlah suatu kewajiban bagi penerus bangsa. namun alangkah baiknya jika nantinya mereka diajarkan lebih matang lewat pembelajaran secara formal. (**)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More