intens.news
Mitra Informasi

Pandemi, Pengaruhi  Stok Darah di RSUD Besemah Kota Pagar Alam

0 34

Intens.news, PAGARALAM – Pandemi Covid-19 benar-benar memberikan dampak nyata pada kehidupan manusia. Tidak hanya dari sisi ekonomi saja, melainkan pula untuk stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagar Alam.

“Untuk stok darah di masa pandemi ini agak sedikit terdampak, karena pasien yang membutuhkan darah cukup banyak. Tapi usaha kami terus menginformasikan bahwa berobat ke Rumah Sakit itu tidak apa-apa, jadi untuk pendonor tidak masalah bila ingin datang untuk mendonorkan darah,” ujar Direktur RSUD Besemah Kota Pagar Alam, Ferdinand, Senin (9/8/2021).

Selain itu, untuk menjaga ketersediaan stok darah di Rumah Sakit, kata Ferdinand, pihaknya berusaha menghubungi kelompok-kelompok pendonor darah yang sudah ada dan rutin melakukan donor darah secara sukarela.

“Kalau terjun langsung untuk melakukan aksi donor darah, biasanya kita bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat (Ormas). Hanya saja sekarang ini pada saat kondisi pandemi kita tidak bisa mengumpulkan orang ramai-ramai untuk mengadakan aksi donor darah massal. Jadi kita hanya bisa mengimbau serta mengharapkan pendonor sukarela untuk datang ke Rumah Sakit mendonorkan darahnya,” imbuhnya.

Begitu pula untuk pegawai Rumah Sakit sendiri, jelas Ferdinand, banyak yang secara rutin sebagai pendonor darah sukarela karena sudah secara rutin dan terjadwal.

“Inilah usaha yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Rumah Sakit,” bebernya.

Disinggung mengenai ketersediaan stok darah di Rumah Sakit sendiri, Ferdinand pun mengakui kalau untuk posisi sekarang ini masih aman.

“Jadi, bila ada pasien yang datang ke Rumah Sakit dan yang bersangkutan membutuhkan darah, kita berusaha untuk memenuhi dengan ketersediaan stok darah yang ada,” tandasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More