intens.news
Mitra Informasi

Pantai Terusan, Keindahan Tepian Sungai Ditengah Hutan

0 36

Intensnews,EMPAT LAWANG- Provinsi Sumatera Selatan kaya dengan destinasi wisata alam yang khas. Salah satunya di Kabupaten Empat Lawang yakni Pantai Terusan. Namun, pantai yang satu ini sangat unik, sebab berada di pinggir aliran sungai Musi dan ditengah rimbunnya hutan yang lebat.

Suasana di Pantai Terusan sekilas tidak jauh beda dengan pantai di pinggir lautan. Di pinggirnya banyak di jumpai batu-batu sungai menghampar bak pasir putih, yang memanjakan mata. Suasana akan semakin ramai, saat matahari terbenam. Pengunjung dapat menyaksikan matahari yang condong ke ufuk barat, di tengah keindahan hijaunya hutan lebat.

Angin sepoy menyapu wajah-wajah gembira pengunjung yang tidak sungkan membentangkan tikar di pinggir sungai. Anak-anak bermain dan berendam di sungai yang tidak terlalu dalam, kian menambah suasana romantisme para pemuda-pemudi yang sedang di mabuk asmara.

Foto(Mutaqien Alfarisi): Objek wisata Pantai Terusan Empat Lawang

Pantai Terusan terletak di desa Terusan Lama, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Dengan jarak tempu kurang lebih 20 menit dari Kota Tebing Tinggi, atau berjarak sekitar 7 Kilometer saja.

Dini,29, salah seorang pengunjung Pantai Terusan mengungkapkan, dirinya sering mengunjungi Pantai Terusan, karena menjadi salah satu objek wisata yang sering di datangi warga.

“Kami sering kesini pagi hari untuk menikmati matahari terbit diatas pohon dan sungai. Selain air sungai ini menjadi salah satu daya tarik, dan pengunjung pasti mandi,” kata Dini.

Dia bersama anak-anaknya memang sengaja menghabiskan waktu libur di tempat tersebut. Dan dia telah membawa berbagai kebutuhan sebelum ketempat tersebut. Seperti pakaian, handuk, makanan, dan minuman. Karena hanya sedikit warga yang berjualan di tempat tersebut.

Meski kawasan itu indah, namun beberapa fasilitas yang dibangun pemerintah sudah tidak memadai. Seperti wc, dan kamar ganti keadaannya tidak terawat dan kotor.

Foto(Mutaqien Alfarisi): Fasilitas objek wisata Pantai Terusan Empat Lawang

“Seharusnyakan Dinas terkait melakukan pemeliharaan agar terus diperbaiki dan dipercantik sehingga kesan semerawut dan tidak terawatnya hilang,” imbuhya.

Di Pantai Terusan juga terdapat anjungan, taman bermain, tempat berswa foto,  dan beberapa pondok-pondokan untuk pengunjung beristirahat. Bahkan, destinasi wisata Pantai Terusan juga sering menjadi pusat dilaksanakannya even-even kabupaten dan provinsi. Seperti lomba serapungan pada perayaan HUT Kabupaten Empat Lawang, konser musik, arung jeram dan agenda nasional yaitu musi triboaton.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More