intens.news
Mitra Informasi

Pantau Infrastruktur dan Potensi Wilayah, BPS Data Potensi Daerah

0 14

Intens.news, PAGARALAM – Untuk mengetahui fakta penting terkait ketersedian Infrastruktur dan potensi yang dimiliki setiap wilayah, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pagar Alam melakukan pendataan terhadap Potensi Daerah (Podes).

Staf Desemimasi BPS Kota Pagar Alam Pray Nadeak mengatakan, hal ini dilakukan agar pootensi yang dimiliki oleh setiap wilayah dapat dipantau perkembangnya secara berkala dan terus menerus, sehingga sejak tahun 1980 pendataan podes ini sudah dilakukan.

“Dan untuk pendataan podes tahun ini,petugas dari BPS sudah melakukan pendataan ke setiap Kelurahan di Kota Pagar Alam,” terangnya kepada intens.news, Sabtu (27/6/20).

Dikatakanya, bahwa Podes ini dilaksanakan rutin sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 10 tahun, dan gunanya sendiri untuk mendukung kegiatan Sensus Penduduk, Sensus Pertanian, ataupun Sensus Ekonomi.

Ia menyebutkan, Sejak tahun 2008, pendataan Podes mengalami perubahan dengan adanya penambahan kuesioner suplemen kecamatan dan Kabupaten/kota.

“Penambahan kuesioner tersebut bertujuan untuk meningkatkan manfaat data Podes bagi para konsumen data dan pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan wilayah. Pasalnya, data Podes merupakan satu-satunya sumber data kewilayahan yang muatannya beragam dan memberi gambaran tentang situasi pembangunan suatu wilayah (regional),” jelasnya.

“Ini berbeda dengan data dari hasil pendekatan rumah tangga yang lebih menekankan pada dimensi aktivitas sektoral. Keduanya sama penting dan menjadi kekayaan BPS,” tukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More