intens.news
Mitra Informasi

Paru-paru Eks Pasien Corona Terancam Rusak Hingga Kronis

0 45

Intens.news,PALEMBANG-Ancaman varian Virus Corona ternyata lebih sadis dari sebelumnya. Meski pasien di nyatakan telah sembuh, namun bekas penderita tencam mengalami kerusakan paru-paru hingga kronis meski dampak yang ditimbulkannya dalam jangka waktu lama.

Hal itu dikatakan tenaga medis dari RSMH Palembang, Prof Yuwono kepada intens.news. Menurut dia, Untuk itu meskipun sudah sembuh diperlukan pemeriksaan kembali. masyarakat jangan khawatir, tetap tenang dan jagan panik

“Sejauh ini untuk di Sumsel belum ada laporan demikian. Namun kami tetap mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, hingga rantai penularan covid-19 dapat saat di persempit,” kata Prof. Yuwono.

Dia menjelaskan, fibrosis paru adalah gangguan pernapasan akibat terbentuknya jaringan parut di organ paru-paru, hingga menyebabkan paru-paru penderita tidak berfungsi secara normal. Yuwono menjelaskan, masyarakat jangan terlalu khawatir karena hal tersebut terjadi pada sebagian kecil orang yang punya latar belakang rentan terjadi fibrosis.

“Misalnya orang dengan kelainan genetik tertentu. Untuk di Sumsel saya belum dapat informasi bahwa yang positif Covid-19 dan sudah sembuh mengalami fibrosis, sebab genetik fibrosis lebih banyak terjadi pada bule (kaukasia),” ungkapnya.

Prof Yuwono menambahkan, pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh tidak perlu kontrol lagi. Namun mereka harus tetap menjaga imunitas dan kesehatan.

“Cukup jaga imunitas agar tetap di atas ambang penyakit apapun. Jaga imunitas dengan cukup tidur, makan yang bergizi, gerak dan tetap berfiriki positif” pungkas dia.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More