intens.news
Mitra Informasi

Paslon Saling Kenal, Pilkada Serentak Dinilai Aman

0 58

Intens.news, PALEMBANG – Lantaran sudah mengenal setiap bakal calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tujuh Kabupaten se-Sumatera Selatan (Sumsel) pada Desember 2020 mendatang, Polda Sumsel berharap penyelenggaran Pilkada nanti berjalan lancar dan aman.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, menjelang Pilkada serentak akhir tahun nanti pihaknya mengajak para Partai Politik untuk menjaga kondusifitas di setiap daerah.

“Pilkada di tujuh kabupaten se-Sumsel tahun 2020 ini akan lebih terasa, karena para peserta yang bakal maju sebagai calon merupakan orang yang sudah pernah ikut di periode sebelumnya dan sudah saling kenal,” ujar Eko, Selasa (14/7/2020).

Dengan adanya sikap saling mengenal antar bakal calon yang maju, lanjut Eko, pihaknya mengharapkan tidak adanya terjadi gesekan di lapangan selama bersaing.

“Contoh di daerah OKU Timur, itu sudah saling kenal karena yang bakal maju merupakan keluarga Gubernur Sumsel. Lalu di Muratara yang maju itu semuanya incumbent. Sementara PALI dan OKU Selatan diketahui baru satu pasangan calon. Dengan kondisi seperti ini maka antar pendukung peserta Pilkada akan lebih aman,” tambahnya.

Selain itu, kata Eko, peran serta Partai Politik dalam mengedukasi para simpatisan pendukung dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada juga tak kalah penting.

“Sikap menerima apapun hasilnya atau legowo juga harus ditanamkan, jangan sampai ada yang terhasut apalagi bertindak anarki menolak hasil keputusan. Termasuk para penyelenggara akan kita ingatkan untuk bersikap netral selama kontestasi,” tandasnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkada Serentak di Sumsel tahun 2020 mundur dari jadwal sebelumnya yakni bulan September menjadi bulan Desember lantaran pandemi COVID-19.

Ketujuh daerah di Sumsel yang akan menggelar Pilkada Serentak tahun 2020 ini diantaranya  Kabupaten PALI, OKU Selatan, OKU Timur, Muratara, Musi Rawas, Ogan Ilir dan OKU.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More