intens.news
Mitra Informasi

Patuhi Peraturan Pemerintah, Pemuka Agama Sepakat Salat Id dari Rumah

0 53

Intens.news, PAGARALAM – Pemerintah Kota Pagaralam bersama Forkopimda, Kankemenag, Pengurus Muhammadiyah, NU, Forum Ponpes dan MUI, sudah menyimpulkan bahwa pelaksanaan Salat Id Idul Fitri tidak dilaksanakan secara berjamaah di Masjid, Mushola serta di lapangan terbuka, tetapi digelar di rumah masing-masing.

Kesepakatan bersama itu, dituangkan setelah Pemkot Pagaralam menggelar rapat koordinasi dengan pemuka agama, yang merupakan rapat lanjutan atas keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah menegaskan bahwa Salat Id akan tetap ada, hanya saja dilaksanakan di rumah masing-masing untuk sementara waktu.

“Sesuai instruksi pimpinan pusat Muhammadiyah, berkaitan dengan tuntunan Salat Id dalam kondisi darurat virus Corona atau Covid-19, kami sepakat tidak akan menggelar salat Id di Masjid maupun di lapangan,” ungkap Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pagaralam, Dimyati Rais, Rabu (20/5/2020).

Senada dikatakan Rois Surya, NU Kota Pagaralam Djamil Rusdi, mengikuti anjuran pemerintah pusat dan demi kemaslahatan umat muslim menghadapi pandemi Corona di Kota Pagaralam. “Kami juga menyetujui melaksanakan shalat Ied dan takbiran di rumah masing masing, tidak dilaksnakan di masjid, mushola maupun lapangan,” ucapnya.

Sementara itu Forum Pondok Pesantren Kota Pagaralam diwakili Suhari menyampaikan, kami tetap patuh dan mengikuti apa yang ditetapkan pemerintah terkait pelaksanaan Salat Id dan takbiran di rumah.

Sedangkan Ketua MUI Kota Pagaralam H. Masrur Aminullah mengatakan, sesuai arahan Gubernur Sumatera Selatan sepakat dan menyetujui apa yang ditelah ditetapkan bersama demi kemaslahatan dan keselamatan bersama umat muslim dalam menghadapai penyebaran virus corona.

“Kebijakan pemerintah sudah sesuai kaidah fiqih atas rakyat harus diikuti demi kemaslahatan,” ucapnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More