intens.news
Mitra Informasi

Pelaku Usaha Diimbau Segera Ajukan Sertifikat Halal

0 15

Intens.news, PALEMBANG – Belum lama ini, sebanyak 40 pelaku usaha telah menerima sertifikat halal dari Layanan Halal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal tersebut membuat Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, Abadil, mengimbau agar para pelaku usaha lain, segera mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikat halal tersebut.

“Sertifikat halal ini paling tidak bisa memberi status legalitas terhadap suatu produk, dan menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha untuk berkompetisi, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” terangnya, saat menghadiri pemberian sertifikat terhadap 40 pelaku usaha beberapa hari lalu.

Untuk itu, ia pun melalui Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin menjelaskan, cara-cara pengajuan permohonan sertifikat halal ini sangat mudah bisa dilakukan secara daring maupun bisa datang langsung ke Layanan Halal Daerah di Kanwil Kemenag Sumsel.

” Bisa secara online kirim melalui email Satgas Halal Sumsel Kemenag atau bisa langsung datangi Kanwil Kemenag di setiap Kabupaten Provinsi Sumsel. Jadi sangat mudah sekali tentunya,” jelas Saefuddin, Rabu (19/8/2020).

Dokumen yang harus dilengkapi berupa surat permohonan sertifikat halal, formulir pendaftaran, aspek legal, slip nomor induk berusaha, surat izin edar layak hygenis, P-IRT, SIUP, penyelia Halal, salinan KTP, Sertifkat penyelia halal dan SK penetapan penyelia halal.

Bukan hanya itu permohonan juga harus mertakan daftar riwayat hidup, data sumber daya manusia,nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan atau menu barang, proses pengolahaan produk dan dokumen sistem jaminan halal.

“Jadi tinggal lihat aja mbak di web resmi kemenag sumsel disitu lengkap semua dari cara mendapatkan sertifikat yang saya sebutin diatas dan bagaimana perjalanan prosedurnya lebih jelas disana,” tuturnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More