intens.news
Mitra Informasi

Pemadaman Karhutla di Ogan Ilir Memakan Waktu Lima Jam

0 8

Intens.news, PALEMBANG – Evakuasi penanganan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kosong milik warga di Desa Sribanding, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) memakan waktu lima jam. Hal itu dikatakan Kabid Penanganan Kedaruratan Informasi BPBD Sumsel, Ansori. 

Ansori berujar, kebakaran lahan lebih kurang 2 hektar di tepi tol Palembang – Indralaya yang terjadi pada Rabu (26/5/2021) pukul 17:50 wib itu berhasil dipadamkan pukul 23:10 wib malam.

Untuk peralatan yang digunakan dalam pemadaman itu adalah 1 unit kendaraan R4 tanki 5000L, 1 unit Pompa Pemadam Karhutlah (BPBD Ogan Ilir), 1 unit pompa pemadam (manggala agni), 1 unit mobil slip on (manggala agni), 2 unit motor modifikasi (Polres OI) dan Jet shuter dan Sprayer serta gepyok api

“Kebakaran semalam sekitar 5 jam ada di satu hamparan lahan kosong. Lahan ini merupakan rawa kering yang tidak dikelola, masih kosong, lahan tidur,” ujar Ansori, Kamis (27/5/2021).

Proses pemadaman sendiri, kata Ansori, berlangsung kurun waktu lima jam dengan menurunkan tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri.

“Pemadam 5 jaman, melibatkan tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri,” katanya.

Lahan itu, kata dia, berada persis dekat jalan tol Palindra yang merupakan milik warga yang tidak dikelola. Setiap tahun memang kerap dilalap si jago merah.

“Untuk lokasinya sendiri itu dekat jalan tol Palindra KM 15. Lahan itu memang milik warga tapi tidak dikelola, jadi setiap tahun pasti terbakar, tidak ada yang jaga. Pukul 23.15 WIB api padam total,” ungkapnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More