intens.news
Mitra Informasi

Pemahaman Kompetensi Pedagogik Bagi Siswa, Guru Harus Menguasai 

0 116

Intens.news, PALEMBANG – Guru harus memiliki pemahaman akan psikologi perkembangan anak, sehingga mengetahui dengan benar cara melakukan pendekatan yang tepat bagi peserta didik didalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam jaringan (daring).

Hal yang penting dalam mendidikan anak, membimbing anak sesuai dengan perkembangannya yang tertuang dalam UU no.14 Tahun 2005 Kompetensi yang wajib memiliki 4 kompetensi yaitu,kompetensi Pedagogik,profesional,kepribadian dan Sosial. Ini yang harus dikuasai oleh tenaga kependidikan (guru).

Kabid SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang Hasodo Alvian mengatakan, salah satu unsur kompetensi yang penting dari keempat kompetensi itu adalah unsur pedagogik atau keilmuan dan seni seorang guru.

Penguasaan pedagogik ini bagi guru terhadap peserta didiknya bagaimana cara mendidik dan membimbing anak sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan anak didik walaupun didalam proses KBM melaui daring.

“Kompetensi pedagogik yang harus dikuasi oleh seorang guru meliputi,bagaimana pemahaman wawasan atau landasan kependidikan seorang guru,pemahaman terhadap peserta didik dari psikologi mereka yang berkembang sehingga mengetahui dengan benar cara melakukan pendekatan yang tepat pada anak didiknya,” katanya.

Selain itu juga,sambung Hasodo,guru harus memiliki kemampuan didalam mengembangkan kurikulum pendidikan nasional sesuai dengan kondisi spesifik walaupun melalui daring merkipun menerapkan kurikulum darurat.

“Sebelum memberikan materi PJJ guru harus merencanaan pembelajaran terlebih dahulu,KMB melalui daring bersifat elastis yang mendidik dan dialogis.Bisa menciptakan suasana belajar bagi anak yang menyenangkan dan kreatif melalui daring serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya,dari hal itu juga guru harus mengevaluasi hasil belajar mereka selama ditempuh KBM melalui daring,”jelasnya.

Lanjutnya, jika guru dapat memahami pedagogik perkembangan kepribadian siswa dan memanfaankannya maka siswa memiliki kepribadian yang mantap dan memiliki rasa percaya diri dan siswa mudah beradaptasi,merasa lebih nyaman dalam kegiatan belajarnya dimasa pandemi covid-19 ini,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More