intens.news
Mitra Informasi

Pemkab Banyuasin Berencana Ngutang Rp 500 Miliar, Dewan : Apa Mampu Bayar?

0 124

Intens.news, BANYUASIN – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin meminjam Rp 500 Miliar dari pemerintah pusat ditentang Anggota DPRD Banyuasin, M Nasser. Wakil rakyat asal Fraksi Golkar ini mempertanyakan kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman itu.

“Ini semua tergantung kemampuan keuangan daerah Banyuasin, apa kita mampu bayar? Ingat, pinjaman itu ada dana pokok, bunga dan ketentuan lain. Itu harus dibayar semua,” ujarnya.

Mengingat, Pemkab Banyuasin sendiri sudah meminjam uang kepada Perbankan di tahun 2019 lalu sebesar Rp 288 Miliar.

“Untuk tahun lalu saja sudah Rp 288 Miliar, artian Banyuasin harus bayar Rp 124 Miliar per tahun, ini saja sudah berat, lah ini mau tambah hutang,” tegas dia.

Karena perlu diingat, sambung Nasser, berdasarkan peraturan pemerintah, pinjaman harus dikembalikan sebelum masa kepemimpinan Bupati berakhir.

“Apakah bisa dibayar sebelum bupati berakhir jabatannya, apakah mampu itu pinjaman bisa dibayar?,” tanya dia.

Anggota legislatif asal dapil Talang Kelapa ini khawatir, jika Pemkab Bayuasin hanya fokus membayar hutang, maka akan mengganggu jalannya roda pemerintahan.

“Jika tidak mampu jangan dipaksakan, kita kuatir belanja pegawai modal dan jasa bisa terhapus jika sibuk membayar hutang,” pungkas dia.

Sementara Mantan Kabag Humas Pemkab Banyuasin Robbi Sandes mengungkapkan, pinjaman di masa jabatan Askolani ini merupakan yang pertama kali terjadi di Kabupaten Banyuasin.

Sejak dimekarkan dari Kabupaten Muba 2002 lalu, dan dipimpin tiga Bupati, hanya di masa kepemimpinan Askolani, Pemkab Banyuasin berhutang ratusan miliar rupiah.”Yang saya tahu tidak ada pinjaman di masa kepemimpinan Bupati Amiruddin Inoed dan Yan Anton,” terangnya.

Di masa Yan Anton Ferdian, memang ada rencana meminjam kepada Bank Sumsel. “Itu karena Dana bagi hasil dari pusat telat, tapi tidak jadi pinjam karena dana dari pusat akhirnya diterima Pemkab Banyuasin,”tandas Robbi.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More