intens.news
Mitra Informasi

Pemkot Palembang Bakal Realisasikan Rute Sepeda ke-3, Rencananya Diresmikan pada Oktober Tahun Ini

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan meralisasikan rute sepeda ke-3 dari tiga rute yang direncanakan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Agus Rizal, mengatakan,  jalur rute 3 sepanjang 6 kilometer ini akan diresmikan pada bulan Oktober nanti dengan melibatkan dana CSR pihak ketiga. Dan rencananya akan diresmikan langsung Wali Kota Palembang H Harnojoyo.

“Sesuai Surat Keputusan Wali Kota (SK Wako) nomor 191/KPTS/Dishub/2020. Kami telah menetapkan 3 rute khusus sepeda, lintasan rute 3 yang dimaksud yakni dari Kambang Iwak Jalan Tasik, Jalan Ki Renggo Wirosantiko, Jalan Kapten A.RIvai, Jalan POM IX, Jalan Sumpah Pemuda, Jalan Angkatan 45, Jalan Kapten  A. Rivai, Jalan Ahmad Dahlan kembali ke Jalan Tasik (Kambang Iwak),” ungkapnya, Rabu (30/9/2020).

Agus berujar, pembuatan jalur sepeda meliputi pembuatan marka dan rambu-rambu bersepeda yang akan dibantu oleh Bank Sumsel Babel.

“Secepatnya kita buatkan jalur sepeda ini dan memang harus difasilitasi sesuai amanat UU nomor 22 tahun 2009. Tahun ini kami prioritaskan rute ke 3 dulu, untuk 2 rute lainnya kita tunggu dana,” terangnya.

Dinas Perhubungan juga telah menetapkan jam bersepeda, diantara pukul 05.00-10.00 Wib  pagi dan 15.00-19.00 Wib malam, dengan catatan pesepeda harus menaati panduan yang nanti akan diberikan oleh Dishub.

“Komunitas sepeda akan kami undang ketika launching untuk sosialisasi terkait panduan bersepeda, ada buku panduannya agar dapat bersepeda dengan aman,” ujarnya.

Tidak ada hari khusus bersepeda, menurutnya pesepeda bisa memakai fasilitas ini setiap hari. Namun, ia mengingatkan agar nanti agar pesepeda dan pengemudi kendaraan bermotor jangan sampai ada berebut jalur jika ada pesepeda yang melintas di jam-jam yang disebutkan.

“Pengendara motor di jalan mohon perhatiannya, ya jangan sampai berebut jalur dengan pesepeda nanti, ” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More