intens.news
Mitra Informasi

Pemkot Palembang Susun Enam Program Prioritas di 2022

0 47

Intens.news, PALEMBANG – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk 2022 sedang disusun. Ada enam program prioritas yang disusun dan harus dijalankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditahun mendatang. 

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, RKPD maupun RJPMD diantaranya pembangunan infrastruktur, pariwisata, olahraga, zona integritas, investasi, dan ekonomi kreatif.

“Enam ini untuk program prioritas Pemkot Palembang di 2022. Kita tekankan dengan OPD harus linier RJPMD pusat, RKPD provinsi dengan RKPD kota harus sejalan, sehingga ini bisa dijawab ketika pertanggungjawaban 5 tahunan nanti,” ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Dia menjelaskan,  di luar itu, seperti pendidikan dan kesehatan, ini memang dari UU harus dijalankan dengan nilai syarat minimal 20 persen anggaran untuk pendidikan dan 10 persen dalam penganggaran kesehatan.

Menurutnya, penyusunan program prioritas ini, diarahkan bisa menjawab Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kalau selama ini 78,3  persen harus naik menjadi 79,45 persen. Kemudian dapat mengurangi angka kemiskinan arahnya kesana. “Visi misi juga harus sejalan dengan provinsi dan pusat,” ucapnya.

Lebih lanjut Ratu Dewa menuturkan,  bagi OPD yang penyusunan program kerjanya tidak sesuai, maka tidak akan disetujui.
Kalau program yang sifatnya banyaklah pelatihan, sosialisasi, tidak ada invoasi menjawab itu semua maka akan di delete.

Terkait pendapatan, Ratu Dewa menjelaskan, asumsi dari Pemkot Palembang masih dikisaran Rp 860 Miliar, tapi keinginan dari Walikota dan Banggar DPRD Kota Palembang ada kajian yang komperhensip. Walaupun di Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) ada tim kecil yang dibentuk dengan melibatkan akademisi.

“Kita ingin pendapatan itu tetap meningkat. Apalagi kondisi covid kita sudah membaik, dengan kondisi sedikit  melandai,” tandasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More