intens.news
Mitra Informasi

Penculik Anak Ditangkap, Disdik Imbau Perketat Penjagaan di Sekolah

0 2.077

Intens.news, PALEMBANG – Pasca adanya dugaan aksi percobaan penculikan anak yang terjadi di SD N 27 Lahat pada 29 Januari 2020, Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Palembang, Bahrin, meminta para kepala sekolah dan guru hendaknya mengawasi siswanya pada saat jam istirahat agar memperketat penjagaan oleh satpam sekolah.

“Imbauan itu disampaikan seluruh sekolah. Ini hanya untuk kembali mengingatkan supaya kita waspada, termasuk terhadap kejahatan penculikan anak,” kata Bahrin, Kamis (30/1/2020).

Dikatakannya, salah satu percobaan penculikan anak di SDN 27 Lahat ini beruntung karena gagal lantaran diketahui oleh wali murid. Saat ini yang diduga pelaku penculik tersebut telah diamankan polisi.

Sebagai respon dari Disdik, pihaknya menghimbau agar para orang tua murid tidak resah lagi dan juga sebagai bentuk antisipasi agar jangan sampai terjadi di sekolah-sekolah yang ada di Kota Palembang.

Ditambahkan Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan Kota Palembang, Dareni mengatakan, kewaspadaan memang perlu ditingkatkan, khususnya bagi anak yang masih duduk di sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Karena di usia tersebut, anak-anak belum terlalu mengerti sehingga sangat rawan menjadi sasaran tindak kejahatan.

Dareni juga mengingatkan pihak sekolah, agar melakukan pengawasan, perlindungan dan pengamanan di lingkungan masing-masing.

“Sekolah harus mengefektifkan peranan pihak keamanan sekolah dan guru piket dengan melakukan pengawasan kepada siswa terutama pada waktu jam istirahat, pulang sekolah hingga kegiatan ekstrakurikuler,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya,  komunikasi intensif dengan orang tua siswa untuk mengenali orang-orang yang mengantar dan menjemput anaknya. Selain itu, Guru juga harus terus melakukan pemantauan kepada peserta didik, mulai saat masuk ke area sekolah hingga pulang menunggu jemputan keluarga.

“Hubungi pihak keluarga siswa jika ada keterlambatan saat penjemputan, dan keujuh, lakukan edukasi secara terus menerus dengan siswa dan orang tua tentang pentingnya kehati-hatian terhadap orang asing,” Pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More