intens.news
Mitra Informasi

Penderita Diabetes di Palembang Capai 7995 Orang

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas kesehatan Kota Pelembang, Dedi Sandra, mengatakan, secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2

“Lebih banyak orang terdampak penyakit diabetes tipe satu karena tipe dua biasanya di rawat di rumah sakit,” jelasnya, Jumat (18/9/2020).

Dedi mengatakan, dari data yang di dapat orang yang terdampak penyakit diabetes melitus capai 7995 orang.

“Diabetes tipe satu ini merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini,” katanya.

Dedi menambahkan, harus kenalin terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri orang yang terdampak penyakit Diabetes tipe dua.

“Kelebihan berat badan, memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tipe 2, kurang aktif, aktivitas fisik membantu mengontrol berat badan, membakar glukosa sebagai energi, dan membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin, Kurang aktif beraktivitas fisik menyebabkan seseorang lebih mudah terkena diabetes tipe 2, risiko terjadinya diabetes tipe 2 akan meningkat seiring bertambahnya usia, menderita tekanan darah tinggi (hipertensi),” jelasnya.

Penyakit diabetes tidak hanya terdampak pada orang dewasa saja, anak-anak juga bisa terdampak penyakit diabetes. “Karena pola makan tidak teratur, anak-anak lebih suka makan siap saji, itu yang menyebabkan anak-anak terdampak penyakit diabetes,” ujarnya.

“Kita berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan melakukan kontrol dan berobat ke rumah sakit terdekat, demi kesehatan karena penyakit tidak menular ini bisa terjadi dan datang kapan saja tanpa disadari,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More