intens.news
Mitra Informasi

Penderita TBC di Kota Palembang Capai 1035 Orang

0 49

Intens.news, PALEMBANG – Juru Bicara Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan, dari data yang didapat, Tuberkulosis (TBC) menjadi penyakit menular tertingi nomor 1 di kota Palembang selain dari COVID-19.

“Penyakit TBC merupakan penyakit menular yang paling tinggi saat ini selain COVID-19 di kota Palembang, penyakit TBC dari Januari sampai september 2020 mencapai 1035 orang,” Jelasnya Kamis (17/9/2020)

Namun, ia mengatakan, paling mudah terkena penyakit TBC pada usia 45 sampai dengan 54 mencapai 129 orang. “Karena umur 45 sampai 54 itu paling rentan dan mudah tertular penyakit,” ungkapnya

Tidak hanya itu paling mudah terdampak TBC lelaki dibandingkan perempua “Lelaki paling banyak terdampak TBC mencapai 647 orang, sedangkan perempuan mencapai angka 388,” bebernya.

Dikatakannya, penyakit TBC sangat berbeda dengan penyakit COVID-19, penularan penyakit COVID-19 lebih cepat dibandingkan dengan TBC

“Harus kenali terlebih dahulu penyakit TBC bagaimana ciri-cirinya yaitu batuk yang berlangsung lama (2 minggu atau lebih), biasanya berdahak, batuk mengeluarkan darah. Berkeringat pada malam hari, penurunan berat badan, demam, menggigil, dan lemas,” jelasnya.

Masih dikataknnya, tidak semua kuman TBC yang masuk ke paru-paru langsung menimbulkan gejala selain menyerang paru-paru, kuman TBC juga dapat menyerang organ lainnya. “Seperti ginjal, usus, otak, atau TBC kelenjar. Penyakit TBC pada organ selain paru-paru sering terjadi pada orang dengan kekebalan tubuh rendah, misalnya penderita AIDS” tutupnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More