intens.news
Mitra Informasi

Penerimaan PPPK Harus Sesuai Juknis

0 12

Intens.news, EMPAT LAWANG – Pendaftaran formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) harus sesuai dengan juknis yang sudah ditentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia. 

Termasuk halnya persyaratan yang mengharuskan pelamar PPPK menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Jon Heri selaku Kabid SD mengatakan, Dikbud tidak bisa mengubah syarat yang telah ditentukan oleh Kemenpan RB.

“Jenjang pendidikan pelamar PPPK memang harus minimal S1 dan itu berlaku di seluruh Indonesia tidak hanya di Empat Lawang saja,” kata Jon Heri, Kamis (8/7/2021)

Selanjutnya, Jon Heri menghimbau kepada guru-guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 sesuai dengan bidang mata pelajaran yang digeluti.

“Jangan sampai melanjutkan ke bidang yang lain jadi ada semacam spesialisasi pendidikan. Pilihlah fakultas yang sesuai dengan mata pelajaran. Misalnya jangan ngajar di SMP tapi ngambil PGSD,” ujarnya.

Mengingat fenomena yang terjadi di Empat Lawang masih banyak guru honorer yang menempuh jenjang pendidikan S1, Jon Heri turut prihatin dan berharap ke pemerintah pusat agar ada keringanan.

“Harapannya pemerintah pusat tidak menyamakan standar pendidikan untuk yang ada di pedesaan dengan di perkotaan,” harap Jon Heri.

Salah satu cara untuk mensejahterakan guru honorer di Empat Lawang, selain melakukan TO CAT PPPK, pemerintah Empat Lawang juga komitmen memberikan insentif kepada guru honorer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun demikian anggaran APBD kurang maksimal dikarenakan masih pandemi, yang jelas terSKnya guru yang mendapatkan insentif bisa mengikut Pendidikan Profesi Guru atau PPG sebagai langkah awal untuk sertifikasi guru.

“Yang jelas ketika Covid sudah selesai, pemerintah tidak akan tutup mata untuk mensejahterakan guru honorer,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More