intens.news
Mitra Informasi

Pengadilan Negeri Diperketat, Pengunjung Tanpa Identitas Dilarang Masuk!

0 23

Intens.news, PALEMBANG – Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Palembang lebih memperketat pintu masuk pagi setiap pengunjung. Tanpa terkecuali, pengunjung yang masuk wajib meninggalkan kartu identitas.

Aturan ini mulai berlaku hari ini, Selasa (9/2/2021). Kartu identitas tersebut bisa berupa Kartu Tanda Penduduk elektronik atau KTP-el, SIM, ataupun tanda pengenal lainnya. Namun saat dititipkan semuanya harus yang asli, bukan fotocopy.

Setelah menitipkan kartu identitas, nantinya petugas penjaga akan memberikan kartu pengenal pengganti untuk memasuki ruang persidangan.

Aturan ketat yang mulai diterapkan Pengadilan Negeri Palembang ini, sejatinya hal yang cukup wajar.

Sebagai instansi yang selalu ramai oleh pengunjung pada hari kerja, setiap pengunjung harus terdata. Terlebih, Pengadilan Negeri Palembang sempat dua kali di lockdown, akibat ada yang dinyatakan positif terpapar COVID-19.

Sekretaris Pengadilan Negeri Palembang, Yetti Iriani Siregar mengatakan, pemberlakuan menitipkan identitas dan ditukar dengan ID Card resmi untuk semua pengunjung itu, sebagai penerapan Perma Nomor 6 yang saat ini sudah berlaku.

“Penitipan identitas untuk semua pengunjung dalam rangka penerapan Perma nomor 6, disosialisasikannya terhitung sejak hari ini untuk semua orang, tanpa terkecuali,” jelas Yetti, Selasa (9/2/2021).

Ditambahkannya, dengan menggunakan Id Card Pengadilan Negeri, pihaknya agar bisa lebih mengenali lagi setiap pengunjung. “Kami berharap petugas jaga maupun majelis hakim juga bisa mengenali lagi siapa-siapa pengunjung, baik saksi, tamu, termasuk rekan media,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, ada tiga kartu pengenal yang dibuat Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus. Tiga kartu tersebut pertama berwarna kuning untuk wartawan, warna hijau untuk saksi dan warna merah untuk tamu.

Ketiga kartu tersebut akan diberi sesuai kepentingan para pengunjung saat memasuki pagar utama Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus. Yang mana, petugas penjagaan akan menyetop para pengendara untuk menanyakan kepentingan ke Pengadilan Negeri, sekaligus meminta pengunjung untuk menitipkan kartu identitasnya terlebih dahulu.

Usai pengunjung memberikan kartu identitas, maka petugas keamanan akan memberikan kartu pengganti sesuai dengan kepentingan pengunjung ke Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Palembang.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More