intens.news
Mitra Informasi

Pengembangan Desa Wisata Perlu Kolaborasi

0 37

Intens.news, PAGARALAM – Pagar Alam merupakan salah satu daerah strategis tidak hanya di Provinsi Sumatera Selatan, namun juga di tingkat nasional untuk pengembangan sektor wisata.

Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata Kota Pagar Alam, Brilian Aristopani di sela Sosialisasi Desa Wisata dan Pembangunan Berkelanjutan yang digelar Politekpar Palembang, di Villa Gugar Pagaralam, Selasa (30/3/21).

Ia mengatakan, untuk itulah Kota Pagar Alam memiliki rencana konsep pembangunan. “Yaitu konsep berbasis masyarakat dalam hal ini melibatkan masyarakat juga dilakukan secara berkelanjutan,” ujar dia.

Ia juga mengapresiasi, Politekpar Palembang sebagai salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementrian Pariwisata. Dalam hal ini pengabdian kepada masyarakat dalam membina kepariwisataan di Sumsel.

Menurutnya, Pagar Alam salah satu tujuan wisata di Sumsel karena mememiliki banyak daya tarik wsiata. Dia menceritakan, kunjungan wisatawan terus meningkat dan kunjungan saat ini memiliki tren dari wisata massal menjadi minat khusus. Sekarang lebih menyukai alam dan keunikan budaya.

“Yang jelas untuk pembangunan di sektor wisata ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat karena wisata harus berbasis masyarakat,” kata dia seraya mengatakan saat ini Pemkot Pagaralam melalui Dispar telah melakukan pengembangan wisata di enam desa wisata dengan konsep berintegrasi.

Dikatkatan Brilian, beberapa lokasi telah dimanfaatkan potensi, baik itu alamnyya, budaya dan kuliner setempat. “Kepada peserta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh sosialisasi, karena acara ini sangat bermanfaat,” ujar Brilian.

Direktur Politekpar Palembang, Dr Zulkifli Harahap diwakili Kaprodi Div Kamar, Hariman mengatakan, membangun kepariwisataan perlu dilakukan secara kolaborasi. Diantaranya melibatkan lima pilar.

“Seperti di Bali konsep pembangunan wisatanya berkelanjutan. Baik melibatkan masyarakatnya serta potensi budaya sebagai daya tariknya,” pungkasnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More