intens.news
Mitra Informasi

Pengetahuan Singkat Tindak Kriminal 3C dari Katim Hergon

0 17

intens.news, PALEMBANG – Sebagian masyarakat sudah mengetahui apa itu kasus 3C, namun sebagian masyarakat juga masih tidak mengetahui apa arti dan kepanjangan dari kasus kriminal 3C yang sering diungkap oleh pihak kepolisian.

Yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat yakni tindak kriminal 3C, apa itu 3C ? 3C adalah singkatan dari Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian kendaraan Bermotor (Curanmor).

Hal ini dilakukan dalam rangka mempermudah pemberantasan aksi tindak kriminal, seperti Curanmor, kasus kejahatan pencurian kendaraan bermotor ini adalah kasus kejahatan yang paling sering terjadi di tengah masyarakat terutama di Kota Palembang.

Seperti telah diketahui, aksi Curanmor itu biasanya pelaku melakukan aksinya saat motor sedang parkir.

Sementara untuk kasus Curas dan Curat sendiri mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui.

Katim Opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel, Aiptu Heri Kusuma Jaya atau akrab dikenal dengan Katim Heri Gondrong memberikan sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut.

“Kasus curas merupakan kasus pencurian dengan kekerasan yang kebanyakan pelaku tindak kriminal ini saat melakukan aksinya selalu tak segan-segan untuk melukai korbannya,” kata Katim Hergon, Sabtu (27/2/2021).

Pencurian dengan kekerasan itu lebih kepada para pelaku saat beraksi mengambil barang seseorang yang bukan haknya secara paksa sampai melukai korban.

“Kasusnya itu seperti penjambretan, pembegalan, perampokan. Para pelaku kejahatan ini tak segan untuk melukai korban jika pelaku merasa terancam oleh korbannya yang mencoba melawan,” lanjut Katim Heri Gondrong.

Sementara itu, pencurian dengan pemberatan (Curat) dikategorikan sebagai tindak pidana pencurian yang dilakukan tidak dengan kekerasan.

“Seperti pencurian bongkar rumah, melakukan pembobolan rumah kosong dan mengambil barang milik korban tanpa sepengetahuannya,” lanjut Katim Opsnal satu ini.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More