intens.news
Mitra Informasi

Pentingnya Penguatan Karakter di Sekolah untuk Keberhasilan Pendidikan

0 99

Intens.news, PALEMBANG – Penguatan karakter menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo. Sesuai arahannya, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan untuk sekolah dasar sebesar 70 persen. Hal tersebut diungkap Kepala bidang SD Dinas pendidikan Kota Palembang, Bahrin. 

Menurut Bahrin, Penguatan pendidikan karakter (PPK) bagi guru ditingkat negeri dan swasta merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan dan membekali generasi penerus agar memiliki bekal Karakter yang baik. Keterampilan literasi yang tinggi serta memiliki kompetensi unggul di abad ke – 21 yang akan datang yaitu, mampu berpikir kritis, analitis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

“Berdasarkan Permendikbud no 22 tahun 2020 dan Perpres no 87 tahun 2017 yaitu, satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi hati, rasa, pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM),” kata Bahrin .

Diharapkan, dengan adanya Perpres ini seluruh titik tumpu pendidikan, yakni satuan pendidikan, masyarakat dan keluarga dapat memberikan penguatan karakter, terutama nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

“Pentingnya pendidikan karakter memang perlu digalakkan di setiap sekolah, bukan hanya sebagai suatu formalitas saja tetapi memang harus direalisaikan untuk nilai-nilai karakater yang perlu ditanamkan pada diri siswa sejak dini,” ucapnya.

Sementara itu, pengawas Kecamatan Kemuning Disdik Kota Palembang, Elha Zudartilla mengantakan, sejauh ini pihaknya baru memberikan PPK kepada guru – guru ditingkat SD Negeri dan Swasta sebanyak 15 sekolah yaitu di Kecamatan Kemuning dan Kalidoni.

“PPK ini sangat penting bagi guru karena,sebagai bangsa yang berbudaya merupakan negara yang menjunjung tinggi akhlak mulia, nilai-nilai luhur, kearifan, dan budi pekert,” ujarnya.

Menurut Elha, PPK merupakan tanggung jawab bersama keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat dan berdasarkan pertimbangan dari Permendikbud no 22 tahun 2020 dan Perpres no 87 tahun 2017.

“PPK sebagai Gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab setiap sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi oleh hati, olah rasa, dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More