intens.news
Mitra Informasi

Percantik Pulau Kemaro, Wujudkan Destinasi Wisata Air Bersejarah

0 27

Intensnews,PALEMBANG-Pulau kemaro yang menjadi salah satu legenda romantisme antara Tan Bun An dan Siti Fatimah di era Sriwijaya kini semakin cantik. Setiap hari minggu, pemkot Palembang menggelar gotong royong untuk membangun dan membersihkan pulau yang berada ditengah sungai Musi tersebut.

Minggu pagi, (7/2/2021), ratusan  orang petugas kebersihan lengkap dengan peralatannya, bertolak dari dermaga Intirub Kelurahan  Sungai Selayur  Kecamatan Kalidoni. Diwajah mereka tergambar semangat kerja untuk mewujudkan kota Palembang yang bersih dan cantik. Meski sebagian besar warga Palembang, namun beberapa diantaranya baru satu kali menginjakkan kaki di pulau tersebut.

Aksi gotong royong mulai berlangsung, matahari cukup redup bersinar dari ufuk timur. Para pekerja tidak takut sedikitpun saat bersentuhan dengan air coklat kehitaman. Sebagian ilalang dan enceng gondok yang tadinya semerawut kini tampak luas dan bersih.

Kepala Dinas PUPR Palembang, Ahmad Bastari Yusak saat di jumpai intensnews mengatakan, telah memasang batas tertentu dikawasan tersebut dalam rangka proses pengerjaan pembangunan pulau Kemaro. Pemkot membuka lahan seluas 25 hektar tersebut, rencananya akan di jadikan objek wisata seperti Ancol. Meski bukan hal mudah untuk di realisasikan, sebab kawasan pulau Kemaro sebagian besar lahannya rawa basah dan di tutupi air pasang-surut.

“Beberapa hari ini hujan dan air pasang memang menjadi kendala, namun kita tidak kendor,” tegasnya.

Pulau yang terletak disisi timur Palembang ini, digadang menjadi pusat wisata air mirip dengan wisata Ancol. Pemkot sedang memperbaiki pelataran kawasan hingga dapat menuju Bungalow.

“Tentunya secara pertahap. Semua fasilitas pendukung untuk merangsang investor untuk berinvestasi di pulau itu juga dilakukan oleh tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro yang kini dikebut pembangunannya,” kata Bastari.

Hingga kini, wisatawan masih sulit mengakses pulau kemaro, dan hanya bisa di tempuh perahu. Rencananya, kawasan itu akan dibangun jembatan yang dapat menghubungkan langsung dengan kawasan delta tersebut.

‘Masih kita lakukan studi lokasi jembatan penyeberangan sehingga ada jembatan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Tim Percepatan Pulau Kemaro M.Safri menjelaskan, pihak akan terus konsentrasi untuk mewujudkan Pulau Kemaro menjadi pusat wisata baru Palembang. Dan hasil dari pekerjaan gotong royong sudah mencapai 60 persen lebih. Dan nantinya, untuk menjaga kebersihan dan keasrian kawasan tersebut Pemkot akan melibatkan petani setempat.

“Nanti petani disini akan mengelola lahan yang telah kita buka, sehingga lahan ini tetap asri dan terjaga kebersihannya,” jelasnya.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More