intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Percepatan Pembangunan Kawasan KEK TAA Terkendala Anggaran

0 35

Intens.news, PALEMBANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan (Sumsel), Anita Noeringhati, menyebut anggaran percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api belum begitu signifikan.

“Walaupun anggarannya sudah ada, tapi belum begitu signifikan. Makanya dibutuhkan duduk bersama antara pihak pemerintah pusat, provinsi dan pihak kabupaten Banyuasin,” katanya, Kamis (13/02/2020).

Dirinya menilai, Kabupaten Banyuasin mempunyai kontribusi besar dalam pembangunan kawasan tersebut. Karena sejak dibukanya kawasan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin sangat diuntungkan.

“Saya rasa Kabupaten Banyuasin mempunyai tekat pembukaan TAA. Karena dia yang punya wilayah, makanya harus duduk bersama,” tuturnya.

Menurutnya, Gubernur Sumsel juga sangat optimis mendorong pelaksanaan pembangunan kawasan Tanjung Api-Api, seperti terlihat transportasi jalan Boom Baru yang menuju kearah kawasan tersebut sudah cukup bagus.

“Tapi paling tidak kami dari Legislatif Provinsi sebagai perpanjangan tangan gubernur dan perpanjangan tangan dari pusat akan segera mendorong di pelaksanaan Tanjung Api-Api,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa pembukaan wacana kawasan Tanjung Api-api sejak 20 tahun lalu terkendala masalah lahan. Karena masih masuk dalam hutan lindung, sehingga pihak kementrian belum mengeluarkan atau melepaskan kawasan tersebut.

“Sehingga ada beberapa peraturan perundangan yang harus di sesuaikan dengan hal itu, karena mengeluarkan dari hutan lindung itu bukan hanya kewenangan salah satu kementrian, tetapi ada beberapa aspek yang harus di selesaikan, makanya kami membahasnya, dan RT RW nya pun baru bisa di paksakan di periode kedua saya duduk di DPRD ini,” jelasnya.

“Insya Allah untuk kedepan ini akan ada percepatan dalam aspek regulasi maupun pembangunan, yang jelas kami DPRD sangat mendukung apabila memang program-program berdampak pada kepentingan masyarakat, seperti perekonomian, kesejahteraan, pasti akan kami dukung,” tandasnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More