intens.news
Mitra Informasi

Perkara Suap 16 Proyek Muara Enim, JPU KPK Hadirkan Delapan ASN DPRD Untuk Jadi Saksi

0 64

Intens.news, PALEMBANG- delapan orang saksi kembali dihadirkan di ruang persidangan Pengadilan Tipikor  siang ini untuk mengungkap dugaan kasus suap 16 proyek di Muara Enim oleh kedua terdakwa yakni Ramlan Suryadi ( Plt Kepala Dinas PUPR Muara Enim) dan Haris HB( Mantan Ketua DPRD Muara Enim).  

Delapan orang tersebut ialah, Tjik Melan, Faizal Anwar, Elison, Willian Husin, Ari Yoca Setiaji, Misran, Umam Fajri dan Ahmad Reo. Semuanya merupakan Anggota DPRD Muaraenim.

Dalam pantauan wartawan intens, persidangan baru dimulai dimana Jaksa Penuntut Umum ( JPI) KPK Nugroho sedang bertanya kepada Saksi Tjik Melan terkait penerimaan paket yang akan diberikan kepada terdakwa Haris Hb.

Sementara para majelis hakim yang dipimpin oleh Erma Suharti , maupun Kuasa hukum kedua terdakwa terlihat sedang mendengarkan jawaban saksi dan pertanyaan JPU.

Hingga berita ini diturunkan persidangan masih berlanjut dan berjalan lancar dan tertib di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Tipikor.

Diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum KPK Januar Dwi Nugroho saat persidangan berlangsung menyatakan total kedua terdakwa menerima suap dari kontraktor Robi Okta Fahlefi ( terdakwa yang sudah divonis 3 lebih dahulu) sekitar Rp 22 milyar. Yang mana Ramlan Suryadi menerima sebesar Rp 1,1 milyar. Sedangkan Haris HB sebesar Rp 3 milyar 30 juta dan uang dollar sebesar 3500 Us.

Sekedar mengingatkan, dalam perkara ini Ahmad Yani selaku Bupati Muara Enim yang menjabat saat kasus ini terjadi telah divonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Palembang dengan hukuman pidana 5 tahun penjara.

Sedangkan A Elvin MZ Muchtar yang ketika kasus ini terjadi menjabat sebagai Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Muara Enim divonis Hakim 4 tahun penjara. Kemudian, Robi Okta Fahlefi selaku kontraktor yang memberikan uang suap juga telah divonis Hakim dengan hukuman pidana 3 tahun penjara.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More