intens.news
Mitra Informasi

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot “Ngucul Ikan” di Tebat Gheban

0 21

Intens.news, PAGARALAM – Dalam rangka percepatan penurunan stunting dan penguatan ketahanan pangan, Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) kembali “ngucul ikan” (menebar benih ikan) di Tebat Gheban Desa Alun Dua Kecamatan Pagar Alam Utara.

Sedikitnya 15 ribu benih ikan nila, ditebar langsung oleh Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, sekaligus penyerahan bantuan pakan ikan kepada kelompok penerima manfaat.

Kepala DKPP Kota Pagar Alam, Hj Zaitun mengatakan, selain upaya percepatan penurunan stunting dan penguatan ketahanan pangan, ini juga merupakan upaya pemuliaan Tebat Gheban sebagai salah satu tempat wisata di Kota Pagar Alam.

“Tujuannya untuk menggeliatkan wisata Pagar Alam terutama tradisi Pulang Kampung (Pulkam) buat masyarakat Kota Pagar Alam yang ada di daerah lain. Sehingga nanti tidak akan kesulitan jika ingin memancing,” katanya.

Sementara Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni memaparkan, penebaran ikan ini dilakukan untuk restocking atau penambahan jumlah ikan di perairan, yang bertujuan agar populasi ikan tetap terjaga dan memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat.

Alpia mengatakan, penebaran bibit ikan di perairan umum ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, sekaligus membantu kebutuhan ikan masyarakat sekitar tebat.

“Dan diharapkan hal ini menjadi stimulus agar diikuti oleh donatur atau masyarakat lain untuk ikut menebar benih ikan di tebat-tebat bersama milik masyarakat. Karena, tebat adalah kearifan lokal yang memenuhi kebutuhan ikan di masyarakat,” ujarnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More