intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Permudah Masyarakat Urus Berkas, Kominfo Palembang Hadirkan Aplikasi Sidemang

0 51

Intens.news, PALEMBANG – Dalam menghadapi era 4.0, Pemkot Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sosialisasikan aplikasi Sidemang (Sistem Informasi Adminitrasi Online Masyarakat Kota Palembang), di ruang Parameswara Pemkot Palembang, Jumat (27/09/2019).

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang, Yanuarpan Yani, mengatakan, Aplikasi Sidemang ini merupakan pengembangan dari aplikasi Hallo Palembang yang mulai dikerjakan sejak tahun 2017.

 

“Aplikasi ini merupakan pelayanan untuk memudahkan masyarakat dalam kepengurusan berkas tanpa harus datang ke kantor pemerintahan, masyarakat bisa juga mencetak sendiri berkas tersebut, layanan ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone,” katanya.

 

Dikatakanya, untuk menggunakan aplikasi Sidemang ini tentu masyarakat harus mengdownload terlebih dahulu diplay store dengan nama “Hallo Palembang”, usai download barulah log in menggunakan email yang dimiliki. 

 

“Alur dari aplikasi ini, akan diterima langsung oleh operator kelurahan yang sudah disiapkan, dan diteruskan ke operator Kecamatan, terus ke Kasi Kecamatan, kemduian ke Sekretaris Kecamatan, dan Camat, setelah itu bisa langsung di print,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, hasil dari aplikasi ini sudah di sahkan secara nasional yang diharapkan mampu menekan praktek tindak korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pelayanan kepada masyarakat. 

 

“Dalam pelayanannya tentu ini lebih cepat, mudah dan transparan jika pelayanannya lamban, maka bisa dilihat dimana lambannya, dan akan kita tegur,” ujarnya.

 

Adapun untuk kesiapan lanjutnya, aplikasi ini telah diuji coba di 34 Kelurahan di 5 Kecamatan antara lain Kecamatan Ilir Timur I, Kecamatan Ilir Timur II, Kecamatan Ilir Barat I, Kecamatan Kalidoni dan Kecamatan Bukit Kecil.

 

“Sidemang memiliki 29 menu, pada tahun 2020 kita targetkan sudah selesai semua seluruh Kecamatan untuk menggunakan aplikasi ini,” tukasnya.

 

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More