intens.news
Mitra Informasi

Pertengahan Maret, SMKN 1 Gelar Ujian Kompetensi Keahlian

0 12

Intens.news, PALEMBANG – Walaupun saat ini berada ditengah pandemi dan belajar masih daring, namun pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) akan tetap dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palembang, pertengahan Maret mendatang.

Kepala SMK Negeri 1 Palembang, Sutarman mengatakan, UKK ini tentunya berhubungan dengan skill atau kompetensi ini harus dilakukan berdasarkan luring menyentuh bendanya.

“Sesuai imbauan Dinas Pendidikan, UKK masih akan tetap dilakukan namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tegas dia, Selasa (23/2/2021).

Sutarman mengatakan, ada lima program jurusan yang ada di SMKN 1 Palembang yakni Akutansi dan Keuangan Lembaga, Teknik Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik Komputer Jaringan dan Perbankan Keuangan Mikro.

“Dari lima juruan ini ada dua yang sudah melalui lembaga sertifikasi profesi atau LSP yakni Akutansi dan Keuangan Lembaga dan Teknik Jaringan Komputer,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakan Sutarmam, untuk menggelar UKK ini ada tahapan verifikasi uji kompetensi terlebih dahulu yang akan dilakukan oleh tim pengawas, 17 hingga 19 Maret mendatang.

“Jika dinyatakan layak untuk UKK, maka kita sosialisasi kepada siswa, guru dan wali siswa,” jelasnya.

Sebelum nanti digelar UKK, pihaknya akan memberikan pelatihan atau pembekalan kepada siswa terlebih dahulu.

“Nanti dalam minggu-minggu ini kita akan undang anak secara bergantian untuk mengikuti pra ujian kompetensi keahlian,” tegas dia.

Sementara itu, Aprida, Kajur Akutansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Palembang mengatakan, ada sebanyak 141 siswa yang akan mengikuti UKK untuk jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga ini.

“Untuk jurusan ini terbilang cukup banyak karena total siswa dari lima kejurusan ini ada sebanyak 337 siswa,” jelas dia.

Aprida mengatakan,  jurusan Akutansi ini sudah langsung berada di LSP, jadi yang menguji pun sudah memenuhi standar nasional. Sedangkan yang tidak melalui LSP maka akan diuji oleh Dudi terkait,” ungkapnya.

“UKK ini sangat penting diikuti oleh siswa karena ini sebagai salah satu syarat kelulusan siswa,” pungkasnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More