intens.news
Mitra Informasi

Pilkada PALI PSU di Empat TPS, Amrah : KPU PALI Wajib Laksanakan Putusan MK

0 28

inten.news, PALEMBANG – Polemik Pilkada di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) akhirnya dapatkan putusan oleh Mahkamah Konstitusi dengan memutuskan pemilihan suara ulang (PSU) di empat TPS (tempat pemungutan suara). Hal itu berdasar sidang perkara perselisihan hasil pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Pali tahun 2020 yang diketuai Anwar Usman, Senin (22/03/2021).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel, Amrah Muslimin mengatakan, berdasarkan putusan sidang, empat TPS di Pali akan melakukan PSU. Untuk itu pihaknya akan menjalankan putusan MK dengan syarat 30 hari usai putusan PSU harus telah dilakukan oleh KPU PALI. Pihaknya pun segera mempersiapkan segala kebutuhan untuk melakukan PSU di 4 TPS tersebut.

“Besok kita akan mengadakan rapat di KPU RI terkait putusan ini. Setelah itu kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Bawaslu Sumsel, Polda Sumsel dan TNI serta media juga,” ungkapnya.

Sementara, Anggota KPU Sumatera Selatan Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi menambahkan, terkait dengan tuntutan PSU, dilatarbelakangi dari adanya beberapa kasus yang ditemukan yang tidak sesuai dengan kaidah pelaksanaan pilkada. Yakni adanya pemilih yang menggunakan hak pilih lebih dari satu kali.

“Jadi memang di empat TPS ini ada pemilih yang menggunakan hak pilih lebih dari satu kali yakni atas nama Tarmizi dan Rika. Juga ada pemalsuan tanda tangan pemilih di beberapa TPS,” singkatnya.

Sidang ini dilakukan usai diajukannya tuntutan oleh pemohon pasangan calon nomor urut 01 Devi Harianto dan Darmadi Suhaimi untuk melakukan PSU di empat TPS. Adapun empat TPS yakni TPS 6 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, TPS 8 Desa Babat kecamatan Penukal, TPS 9 Desa Air Hitam Kecamatan Penukal dan TPS 10 Desa Air Hitam Kecamatan Penukal.

Editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More