intens.news
Mitra Informasi

Polres Empat Lawang Sosialisasikan dan Bentuk Satgas Pencegahan Karhutla 

0 79

Intens.news,EMPAT LAWANG – Polres Empat Lawang giat mensosialisasikan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Empat Lawang.  

“Pada musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan sering terjadi. Kami berharap kepada masyarakat bijak dan fokus menyikapi untuk mengurangi resiko kebakaran hutan dengan reprentiv pencegahan,” ujar Kapolres Empat Lawang, AKBP Wahyu SIK kepada Intens.news, Kamis (18/6/2020).

Dikatakannya, walaupun Empat Lawang tidak termasuk dalam kabupaten yang dianggap rawan Karhutla, namun pihaknya tetap mempersiapkan Satgas Karhutla.

“Sebagai upaya antisipasi penangan Karhutla, kami bekerjasama dengan Pemkab Empat Lawang serta beberapa instansi dan TNI telah membentuk Satgas Karhutla,” bebernya.

Satgas yang dibentuk, lanjutnya, untuk memantau, mencegah, dan menangani jika terjadi Karhutla. “Sebagai upaya deteksi kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian membentuk tim kecil disebut Kelompok Petani Peduli Api (KPPA) bersama Bhabinkamtibmas,” terangnya.

Ia berharap, pencegahan karhutla di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini dapat menjadi kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla, dan mampu melakukan antisipasi serta penanggulangan bahaya Karhutla itu.

“Kita berharap bencana tahunan ini tidak terjadi di Kabupaten Empat Lawang, karena dampaknya luar biasa merugikan kita semua,” sebutnya.

Ditambahkannya, dengan giat mensosialisasikan waspada Karhutla, pihaknya berharap kepada warga untuk mengutamakan pola pencegahan, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak membakar hutan untuk membuka lahan dalam kepentingan apapun.

“Tegas dalam maklumat, pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat tindak dengan pidana dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara denda 10 Miliar,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More