intens.news
Mitra Informasi

Polsri Tingkatkan Kualitas SDM dan Teknologi Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

0 34

Intens.news, PALEMBANG – Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dari dosen dan sistem yang berbasis teknologi menjadi hal urgent manakala akan menciptakan lulusan yang siap bersaing di pasar bebas baik sebagai wirausaha dunia usaha maupun dunia industi. Hal inilah membuat Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) sebagai Politeknik yang fokus pendidikan vokasi harus siap menciptakan lulusan yang bisa bersaing.

“Saat ini kita terus meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai program penguatan. Terlebih lagi kita perlu kreativitas dan inovasi teknologi untuk meningkatkan sumber daya pendidikan vokasi yang unggul di era revolusi industri 4.0,” ujar Direktur Polsri Dr Ing Ahmad Taqwa MT pada Sidang Senat Terbuka agenda Dies Natalis Polsri 37 di Gedung Graha Polsri, Sabtu (02/11/2019).

Menurutnya, meski diusia ke 37 Polsri memiliki banyak pencapaian dengan siklus lulusan yang terserap di dunia usaha dan dunia industry, namun ia berharap seluruh civitas akademika tak berpuas diri.

“Tingkatkan kualitas SDM yang link and mage antara pendidikan dan industri. Artinya vokasi di era revolusi industri 4.0 ini harus ‘nikah massal’. Sehingga revitalisasi vokasi bisa mencapai sasaran,” jelasnya.

Senada dengan itu, Staf Ahli Menristekdikti Bidang Infrastruktur, Ir Hari Purwanto MSc DIC, mengatakan, bahwa sebagai salah satu Politeknik unggulan di Indonesia, Polsri diharapkan mampu menjadikan era revolusi Industri 4.0 sebagai sebuah peluang.

“Sehingga Polsri kita ingin menjadi ujung tombak, menjadi champion dalam membangun SDM unggul, Polsri diharapkan champion baik itu di level Sumatera maupun Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten III Pemprov Sumsel, Prof Edward Juliartha, mengatakan, bahwa sebagai Pemerintah menginginkan diusia ke 37 Polsri terus berbenah diri.

“Artinya Pemda terus mensupport, visi Indonesia maju untuk mengembangkan SDM lewat management talenta yang ada. Bahwa program 2045 bukan mudah untuk ditaklukkan, kita butuh membentuk satu strategi meningkatkan daya saing lulusan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, tujuan dari manajemen talenta ini bagaimana kita punya sumber atau talent-talent terbaik Indonesia yang bekerja diinstansi pemerintah untuk bisa mendorong percepatan pembangunan.

“Mengingat manajemen talenta juga penting bagi pemerintah daerah yang tengah fokus pada suatu bidang. Pemda bisa mencari SDM yang diperlukan melalui manajemen talenta untuk bisa membantu optimalisasi pencapaian target daerah,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More