intens.news
Mitra Informasi

PSU PALI Terjadi Akibat Kelalaian KPPS

0 237

Inten.news, PALEMBANG – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) terjadi karena adanya beberapa kelalaian yang dilakukan panitia pelaksana Pilkada 2020 lalu. Hal ini dikatakan Anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi saat ditemui di kantor Gubernur Sumsel, Selasa (13/04/2021).

Hepriyadi menegaskan, jika adanya kelalaian dari sebagian dari tim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tidak menjalankan pilkada sesuai aturan. Bahkan ia menegaskan jika Oknum KPPS ini menganggap remeh aturan tersebut.

“Kesalahan Oknum KPPS itu yakni dengan sengaja menandatangani absensi DPTb dari peserta pemilih, karena ada sebagian pemilih itu datang hanya mencoblos dan tidak mau tanda tangan absensi. Namun, oleh KPPS dibiarkan dan diwakilkan oleh mereka (KPPS) dan ternyata ini fatal. Hingga akhirnya bisa terjadi PSU ini,” katanya.

Agar ketika PSU tidak terulang lagi kesalahan yang sama, rencananya KPU akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) baik yang ditujukan untuk penyelenggara baik itu PPK, PPS, KPPS di kabupaten tersebut, juga undangan panwascam, pengawas TPS agar punya pemahaman yang sama dalam aturan-aturan penyelenggaraan pilkada ini sehingga tidak terjadi friksi-friksi tertentu di lapangan.

“Bahkan, lanjut Hepriyadi, Rabu (14/04/2021) besok, di Kota Prabumulih, akan diadakan Rakor Bawaslu yang juga mengundang pihak Kepolisian, dalam rangka memetakan tingkat kerawanan, serta langkah antisipasi pada PSU nanti. Besok juga akan diadakan Bimtek terhadap kawan-kawan ,” ungkapnya.

Dari 4 TPS yang menggelar PSU di Pali, Hepriyadi menerangkan jika ada 1500 lebih pemilih yang terdata. Jika digabungkan dengan DPTB bisa mencapai 1.600 orang.

“Ada 1.500 orang dan semua sudah kita siapakan. Hari ini kami laporkan persiapan ini kepada Gubernur Sumsel. Semoga pada PSU nanti bisa berjalan lancar,” pungkasnya.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More