intens.news
Mitra Informasi

Puluhan Calon Haji Asal Pagaralam Batal Berangkat, Satu CJH Berusia 92 Tahun

0 140

Intens.news, PAGARALAM – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan ibadah haji ke Makkah tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 karena pandemi corona (Covid-19).

Hal ini dibenarka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama  (Kakemenag) Kota Pagaralam H Win Hartan. Menurutnya, pembatalan keberangkatan haji tersebut berdasarkan surat keputusan Kementrian Agama Nomor : 494 tahun 2020.

“Pembatalan atau tepatnya penundaan keberangkatan ini tidak hanya bagi calon jamaah haji (CJH) asal Pagaralam saja, namun berlaku bagi seluruh rakyat indonesia,bahak dunia,” terangya.

Menurut Hartan, hingga saat ini Arab Saudi pun belum mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah haji. Padahal diperkirakan puncak haji jatuh pada tanggal. Sedangkan khusus untuk CJH Kota Pagaralam yang tergabung di kloter I jadwal keberangkatanya sekitar tanggal 13 Juni mendatang.

“Sehingga dengan waktu yang singkat dan mepet tersebut rasanya tidak mungkin terkejar lagi oleh Arab Saudi untuk mempersiapkan persiapan haji,” ucapnya.

Dikatakanya, sedikitnya ada 67 CJH asal kota Pagaralan yang sudah menyelesaikan dan melunasi angsuran haji dan mengalami pembatalan keberangakatan tersebut, dan 14 CJH tambahan seperti lansia yang sudah melengkapi pasport, melaksanakan masnasik secara mandiri. Bahkan ada CJH tambahan yang pada tahun ini berusia 92 tahun.

“Namun kita berharap CJH asal Kota Pagaralan dapat memahami kondisi ini, karena seperti yang kita ketahui bahwa covid 19 sangat mudah penularanya pada kerumunan,” ujarnya.

Terkait CJH yang sudah melunasi angsuran, Win Hartan menegaskan tidak akan dikembalikan ke CJH namun uang tersebut akan di konpesasikan kepada CJH itu sendiri.

“Bisa saja konpensasi tersebut berbentuk uang makan, souvenir atau keperluan CJH itu sendiri pada saat keberangkatan,” pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More