intens.news
Mitra Informasi

Ragit, Kuliner Khas Palembang Paling Diburu Saat Ramadhan

0 8

Intens.news, PALEMBANG – Ragit merupakan salah satu kudapan khas Kota Palembang yang paling banyak diburu warga sebagai menu berbuka puasa saat Bulan Ramadhan.

Bentuknya bisa dikatakan sejenis roti dari tepung terigu yang dimakan dengan kuah kari ayam maupun sapi, Ragit kerap dijadikan menu utama saat berbuka puasa karena rasanya yang gurih, pedas dan agak sedikit asam.

Ragit ini merupakan salah satu makanan khas dari Palembang yang mirip dengan roti jalan dari India, makan Ragit harus dengan kuah kari. Mirip banget ya dengan makanan dari India.

Bentuk Ragit ini ada yang digulung ada pula yang memiliki bentuk segitiga, dimasaknya pun harus menggunakan cetakan jaring-jaring dan dimasak di teplon anti lengket.

Owner Hompimpa Pempek and Cake, Desi Rahmat yang juga menerima orderan pembuatan Ragit ini mengatakan Ragit memang menjadi makanan paling favorit yang dia jual.

ibu dari 2 orang anak ini mengatakan Ragit yang dia jual hanya Rp6000 saja perporsinya. Selain menjual Ragit, dia menjual berbagai macam makanan khas Palembang termasuk pempek dan makanan tradisional Palembang.

“Kalau jual pempek sejak 2012. Makanan tradisional itu sejak 1 tahun lalu. Jual makanan khas Palembang ini karena menurut pengalaman pribadi saya sendiri carinya susah seperti getuk, lupis dan lainnya,” katanya.

Begitu juga Ragit ini makanan khas dari Palembang dan emang banyak yang suka, bahkan dalam sehari saya bisa buat 200 porsi. Khasnya itu dikuahnya yang wangi ada campuran daun kari serta rempah-rempah lainny,” jelasnya.

Perempuan yang dulunya bekerja sebagai banker ini memilih jualan dan membuka usaha karena ingin lebih dekat dengan anak. Selain itu memiliki usaha sendiri bisa lebih sering di rumah.

“Kebetulan suami saya itu suka banget sama pempek, kalau dulu beli 50 pempek, dia makan 30 pempek sisanya dimakan sama saya dan anak-anak. Kalau beli kan mahal ya mending buat dan katanya enak ya saya coba buat dan jual. Alhamdulillah sampai sekarang masih tetap jalan usaha pempek dan dengan tambahan jualan lainnya,” katanya.

Untuk harga pempek dan makanan khas Palembang ramah di kantong. Mulai dari Rp1500-Rp6 ribu, untuk pempek kecil (ikan gabus) Rp2 ribu bisa langsung pesan melalui Instagram: hompimpacakes.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More