intens.news
Mitra Informasi

Resmi Dikukuhkan, Ini Harapan Gubernur Untuk Karang Taruna Sumsel

0 11

Intens.news, PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru berharap pengurus karang taruna Sumsel yang baru harus melaksanakan tiga poin pokok, karena organisasi ini diisi oleh orang-orang intelektual. Tujuannya agar dapat menjadi wadah bagi pemuda pemudi penerus bangsa.

Tiga poin pokok tersebut yakni, inventarisasi masalah sosial dan kepemudaan, konsolidasi, tidak ada keputusan sendiri tapi keputusan kolektif dan solusi.

“Karena ini organisasi yang terhormat dan isinya orang-orang yang intelektual. Artinya harus menentukan konsolidasi dan mendapat solusi, yang diharap dapat menyelesaikan masalah sosial,” jelas Deru saat mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna Provinsi Sumsel Masa Bakti 2020-2025 di Griya Agung Palembang, Sabtu (29/5/2021).

Gubernur Sumsel juga menambahkan, di masa pandemi yang baru saja terkontraksi baik masalah kesehatan, ekonomi di masyarakat yang mengakibatkan aktivitas sosial tereduksi. Mudah-mudahan ini organisasi bisa dicontoh oleh organisasi lainnya.

“Karang taruna harus jadi organisasi yang solutif, pemuda-pemudanya harus berkarya dan berkontribusi untuk daerahnya,” katanya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Sumsel Yudha Novanza Utama mengatakan, akan segera merealisasikan tiga poin yang diinstruksikan Gubernur.

“Karang taruna di Sumsel ini cukup banyak. Kami belum punya data untuk Sumsel, daerah lain masih dikonsolidasikan. Khusus di Kota Palembang saja ada 3.000,” kata Yudha.

Yudha menjelaskan, kalau semua anggota mau dibikin KTA tentunya memerlukan biaya yang besar. Untuk itu nantinya akan dicari solusinya terlebih dahulu, mungkin bisa dengan cara mencari mitra seperti perbankan dan lain-lain.

“Lalu untuk masalah penanganan Covid-19 di Sumsel. Untuk 3M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) sudah diterapkan. Jadi kita bantu untuk sosialiasi agar masyarakat lebih disiplin menerapkan 3M,” katanya.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus  Karang Taruna Nasional (PNKT), Didik Mukrianto menambahkan, Karang Taruna ini tidak bergerak di area politik tapi lebih mengentaskan permasalahan sosial di negeri ini termasuk Sumsel.

“Tentunya pengentasan sosial ini tidak bisa kami lakukan sendiri, tanpa berkepihakan seluruh pihak termasuk stakeholder yang paling tinggi seperti pemerintah, termasuk pemerintah daerah,” katanya.

Menurut Didik, Karang Taruna akan terus jadi satu bagian yang tak terpisahkan untuk mengentaskan masalah sosial. Untuk itu diharapkan bimbingan dari gubernur demi terciptanya Sumsel Maju Untuk Semua.

“Kepada pengurus yang lama terima kasih atas pengabdian nya, kepada pengurus yang baru terus menguatkan Karang Taruna dan mampu menghadirkan karya terbaik,” katanya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More