intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Resmi Jabat Kepala BI Sumsel, Hari Widodo Akan Fokus ke Ekonomi Syariah

0 33

Intens.news, PALEMBANG – Setelah menggantikan Yunita Resmi Sari, Hari Widodo resmi menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala BI Perwakilan Sumsel, Hari Widodo mengatakan, setelah resmi dilantik, dirinya akan fokus pada program pengembangan ekonomi syariah di Sumsel. Karena BI mempunyai program kemandirian ekonomi syariah.

“Untuk Sumsel kita ada program kemandirian ekonomi syariah di dua pondok pesanterrn Nurul Huda di Kabupaten OKU Timur dan Mukimussunah di Palembang,” katanya saat usai serah terima jabatan di Gedung BI Sumsel, Jumat (14/02/2020).

Dijelaskan Hari, untuk pondok pesantren di OKU Timur dan Palembang, pihaknya memberikan bantuan untuk pengembangan peternak ayam dan kemandirian ekonomi.

“Karena mukimusunnah ini adalah salah satu ponpes terbaik yang memperoleh prestasi ketiga pada saat kita mengadakan pertibal ekonomi syariah Sumatera,” jelasnya.

Kedepan, dirinya akan melihat kembali potensi di beberapa pondok pesantren yang di nilai dapat dikembangkan unit usaha. Untuk itu, BI saat ini sedang melakukan pemetaan ponpes yang dinilai memiliki potensi unit usaha untuk di kembangkan.

Bahkan dirinya berharap, kedepan semua ponpes dapat mandiri secara ekonomi. Sehingga memberikan dampak kepada lingkungan di wilayah sekitarnya.

“Tujuannya untuk membangkitkan kemandirian usaha dan lingkungan sekitar, target 2020 ini kita memiliki 5 ponpes yang sedang kita petakan untuk diberikan bantuan kemandirian ekonomi,” harapnya.

“Ada dua unit usaha yang akan kita fokuskan, antara lain pembuatan penyulingan air dan pengelolaan sampah. Karena sudah terbukti ada beberapa ponpes di luar Sumsel berhasil mengembangkan dua unit usaha ini,” imbaunya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto berpesan agar kepala BI yang baru dapat lebih bersinergi dengan para stakeholder dan pihak perbankan lainnya.

Dirinya melihat, pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan sangat baik. Hal tersebut terbukti, pertumbuhan ekonomi di Sumsel di atas pertumbuhan Nasional.

“Sementara untuk inplasinya sesuai dengan target, bahkan cukup rendah. Ini menunjukkan kualitas pertumbuhan di Sumsel ini sangat berkualitas, karena di tengah kondisi global yang perang dagang mulai baik,” terangnya.

“Saya harap Pak Hari Widodo dapat menggali sumber sumber ekonomi  baru, terutama yang perlu kita kembangkan lebih jauh lagi adalah mengenai pariwisata, ekonomi syariah,” pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More