intens.news
Mitra Informasi

Rukyatul Hilal di Sumsel Akan Digelar 12 April 

0 40

Inten.news, PALEMBANG – Seluruh umat muslim di dunia, khususnya masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) sepekan lagi akan melaksanakan ibadah puasa di Bulan suci Ramadhan 1442 hijriah. Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H akan jatuh pada tanggal 13 April 2021.

Untuk memastikan kapan awal dimulainya Ramadhan, Kementerian Agama (Kemenag) masih akan melakukan Rukyatul Hilal pada Senin (12/04/2021) mendatang.

Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Kemenag Sumsel, Saefudin Latif mengatakan, untuk memastikan kembali masuknya bulan Ramadhan, pihaknya akan melakukan Rukyatul Hilal seperti biasa pada tanggal 12 April 2021, atau menjelang matahari terbenam.

“Untuk Rukyatul Hilal akan kita lakukan pada Senin sore 12 April 2021 di Gedung Rafah Tower UIN Raden Fatah Palembang,” ujarnya, Rabu (07/04/2021).

Sebelumnya Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, bahwa Pemerintah Sumsel tidak melarang warganya untuk melakukan aktivitas sholat tarawih berjamaah pada bulan puasa tahun ini. Terlebih, Pemerintah Pusat telah menunjuk Sumsel untuk melaksanakan Perlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga ke tinggal terbawah yaitu RT dan RW.

“Salat Tarawih boleh, salat Ied boleh. Tinggal nanti aturannya bagaimana, jaraknya, tentang protokol kesehatannya dan apa kewajiban dari rumah ibadah itu. Nanti kita atur,” ujarnya.

Hal ini tidak seperti tahun sebelumnya yang membuat aktivitas sholat tarawih diminta untuk dilakukan di rumah saja.

Namun masyarakat tetap diminta untuk menjaga protokol kesehatan saat pelaksanaan solat tarawih atau aktivitas keagamaan bulan Ramadhan nantinya.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More