intens.news
Mitra Informasi

Sandiaga Uno Minta Lulusan PTNP Turut Berkontribusi Buka Peluang Lapangan Pekerjaan 

0 32

Intens.news, PALEMBANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf- Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mewisuda 2.696 orang mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di halaman Poltekpar Palembang, Jumat (22/10/2021).

Sandiaga Solahuddin Uno menuturkan, PTNP turut berkontribusi mendukung program pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya menyelenggarakan program-program untuk menciptakan mahasiswa dan lulusan di bidang wirausaha.

“Program wirausaha yang telah dilakukan PTNP memasukan mata kuliah Wirausaha ke dalam kurikulum, membangun Inkubator Bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha,” ujarnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengungkapkan, ada enam PTNP di bawah Kemenparekraf- Baparekraf seperti STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok, berkolaborasi dan membangun kerja sama dengan beberapa mitra baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi, dan industri untuk mengembangkan program wirausaha. Kolaborasi dengan STED, SBM ITB, Universitas Ciputra, Gojek, Inkubator Usaha Lestari (INKURI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), para UKM, dan Himpunan Bisnis atau Himpunan Bisnis Inkubasi Perguruan Tinggi lain.

Sandiaga menuturkan, wirausaha yang tercipta dari mahasiswa lulusan PTNP, turut berkontribusi membuka peluang lapangan pekerjaan baru bagi generasi milenial di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Lulusan PTNP tetap memiliki peluang cukup besar untuk mendapatkan  pekerjaan dimasa pendemi ini,” bebernya.

Menurutnya, meski pariwisata menjadi salah satu industri yang terdampak pandemi Covid-19, namun jiwa wirausaha dianggap masih penting untuk ditanamkan bagi generasi muda. Pasca lulus dari kampus PTNP, Sandiaga mendorong mahasiswa selalu memberi yang terbaik.

“Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan,” tandasnya.

Wisuda PTNP di bawah Kemenparekraf、Baparekraf digelar secara hybrid di Poltekpar Palembang. Sebanyak 12 wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara offline, sedangkan sisanya mengikuti kegiatan melalui virtual.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More