intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita
KIRI
KANAN

Satgas Karhutla Perintahkan Tembak di Tempat Pelaku Pembakar

0 19

Intens.news,PALEMBANG – Untuk memberikan efek jera ke para pelaku pembakaran lahan, Danrem 044/Garuda Dempo, Kolonel Arh Sonny Septiono menegaskan akan menindak tegas para pelaku.

Bahkan, pihaknya tidak segan – segan untuk menembak di tempat para pelaku jika sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Saya bilang kalau ada lihat pembakar lahan langsung tembak di tempat. Tetapi tetap harus sesuai SOP dan lihat kondisi di lapangan,” katanya.

Menurut Sony, Dari hasil penelitian bahwa 99 persen penyebab kebakaran hutan adalah ulah manusia.

“99 persen kebakaran ulah manusia dan sisanya karena alam. Tapi itukan sangat kecil dan harus ada tindakan tegas agar jadi efek jera,” terangnya

Sebelumnya, Kabaharkam Polri, Komjen Condro Kirono meminta supaya satgas untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT). “Ini untuk efek jera agar tidak lagi terulang,” ujarnya saat rapat evaluasi untuk pencegahan kebakaran lahan di Posko Satgas Karhutla BPBD Sumatera Selatan, Selasa (13/8/2019).

Mantan Kapolda Jawa Tengah ini meminta agar melibatkan masyarakat. Pasalnya, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan memang sulit dilakukan tanpa peran dari masyarakat.

“Saya pernah menjadi pelaku yang ikut mengatasi masalah kebakaran lahan di Riau 2014 lalu. Itu sangat sulit dan kita harus melibatkan masyarakat di sekitar. Masyarakat ikut OTT,” ucapnya.

Editor : Rian

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More