intens.news
Mitra Informasi

Sayuran yang Tepat Dikonsumsi untuk Menjaga Imun Tubuh

0 29

Intens.news, PALEMBANG – Menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19 sangat penting agar tidak menjadi korban berikutnya. Namun, untuk menghasilkan imun tubuh yang stabil dan tidak mudah terpapar virus, tentunnya diiringi dengan mengkonsumsi makanan sayuran yang tepat. Demikian dikatakan Dokter spesialis gizi Rumah Sakit Siloam Sriwijaya, Sitti Rosmahsari.

“Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mulai dari berjemur hingga berolah raga. Namun, pemenuhan nutrisi tentu yang paling utama,” jelasnya, Senin (26/10/2020).

Ia menambahkan, makanan yang penuh gizi dan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi pandemi Covid-19 yang masih melanda ini tentunya lebih baik menkonsumsilah sayuran seperti brokoli. Karena di dalam brokoli banyak mengandung kaya akan serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E ini menjadi salah satu makanan paling direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sitti mengatakan, sayur bayam juga sangat banyak manfaatnya dan mengandung antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan A. Namun, Anda perlu hati-hati memasaknya agar nutrisinya tidak hilang.

“Susu Yoghurt sangat bagus juga untuk di konsumsi, masamnya yang terdapat di dalamnya kaya akan probiotik, bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh,” jelasnya

Selain itu, kunyit yang juga memiliki kandungan kurkumin sebagai antioksidan yang mampu menunjang sistem kekebalan tubuh.

“kurkumin dalam kunyit juga bersifat antiradang untuk mengatasi osteoartritis, rheumatoid artritis, serta mengurangi potensi penyakit serius,” ujarnya.

Kacang Almon atau disebut juga Badam juga mengandung vitamin E yang bisa menjadi antioksidan kuat untuk menyokong imunitas tubuh. “Jamur bisa menjadi sumber vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan menunjang sistem kekebalan tubuh,” tandasnya.

Sitti juga menyarankan untuk sering melakukan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan kaya akan nutrisi dan vitamin untuk mejaga kesehatan dan kekebalan tubuh, agar tidak mudah terjaring virus apapun yang masuk.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More